Mencegah Copy Paste Pada WordPress

Cara Ampuh Mencegah Copy Paste Pada WordPress

Diposting pada

Banyak dari kita yang sering mengalami masalah tentang copy paste artikel blog. Memang ini sangat merugikan sekali, lalu bagaimana sih cara mencegah terjadinya copy paste di WordPress?

Tentu saja sebagai pembuat artikel original tidak ingin hasil karya yang susah ditulis di jiplak oleh orang lain tanpa izin. Ini pada dasarnya hanya mempersulit orang untuk menyalin teks dari situs web Anda menggunakan anti copy paste.

Pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara mencegah copy paste pada blog WordPress dengan mudah.

 

Mengapa Sebaiknya Mencegah Copy Paste?

Banyak blogger menemukan bahwa artikel mereka dicuri dan digunakan tanpa izin.
Cara copas yang dilakukan memang cukup beragam, mulai dari copy paste otomatis hingga menggunakan cara manual.

Karena fungsi blog bersifat umum sehingga kita tidak bisa menghindari terjadinya copas. Namun, kita bisa sedikit mempersulit agar blog kita menjadi sulit di salin.

Biasanya orang yang kesulitan melakukan copas akan beralih mencari target copas lainnya. Wajar saja sih, bagi yang sudah ahli mau dikasih keamanan model apapun pasti tetap bisa tembus. Misal Copas menggunakan tools otomatis untuk mengambil konten menggunakan RSS.

 

Mencegah Copas Memakai Kode CSS

Cara yang satu ini lebih sederhana, Anda hanya perlu menambahkan beberapa kode CSS ke tema WordPress Anda. Pasti sebagai pemilik wordpress soal menambah CSS bukanlah sesuatu yang sulit.

Pertama, Buka halaman Appearance » Customize pada bagian dasrboard admin WordPress.

Nah kemudian pada pengaturan tema tambahkan CSS, (Additional CSS), lalu tinggal Copy Paste script di bawah ini:

 

* {
-webkit-touch-callout: none; /* iOS Safari */
-webkit-user-select: none; /* Safari */
-khtml-user-select: none; /* Konqueror HTML */
-moz-user-select: none; /* Old versions of Firefox */
-ms-user-select: none; /* Internet Explorer/Edge */
user-select: none; /* Non-prefixed version, currently supported by Chrome, Opera and Firefox */
}

Jika sudah, kemudian Simpan.

Setelah itu coba lakukan copas ke blog, biasanya teks yang ada pada halaman menjadi tidak bisa di blok.

 

Mencegah Copy Paste Menggunakan Plugin

Bagi anda yang tidak mau repot maka bisa mencegah copy paste menggunakan plugin. Dengan begitu akan menonaktifkan fungsi pilih teks dan klik kanan.

Pertama, cukup dengan menginstal dan mengaktifkan plugin WP Content Copy Protection.

plugin anti copy pasteSetelah plugin aktif maka akan langsung berfungsi secara otomatis. Pengguna tidak dapat lagi menyalin dan dari situs Anda. Selain itu tidak akan dapat mengklik kanan.

Jika Anda ingin mengubah pengaturan plugin, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Cukup buka halaman pengaturan blugin untuk mengaktifkan atau menonaktifkan proteksi untuk jenis konten tertentu.pengaturan plugin copas

 

Apakah Penting Penerapan Proteksi Copy Paste Pada Blog?

Jadi seberapa penting fungsi proteksi copy paste untuk blog anda?., Nah meskipun banyak blogger yang ingin mencegah terjadinya copas, namun teknik ini hanya sekedar menjadi penghambat pencurian konten.

Pasalnya banyak orang yang paham teknologi dapat dengan mudah membongkar dan mengetahui isi kode pada situs web. Misal dengan memakai CTRL+U dan menggunakan cara lainnya.

Kemudian tidak semua orang yang mengunjungi situs anda ingin melakukan copas untuk di posting ulang. Contohnya orang yang sedang mencari sumber referensi yang relevan.

 

Itulah pembahasan dari kami mengenai cara mencegah terjadinya copy paste pada WordPress. Sebelumnya saya sempat mengaktifkan proteksi seperti ini pada blog ini, namun saya copot karena sebenarnya jika ada yang copas kita bisa langsung melaprkan ke DMCA supaya copaser langsung dihapus dari Search Engine.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *