burung walet sapi

Mengenal Burung Walet Sapi

Diposting pada

Mengenal burung walet sapi?., Burung walet merupakan jenis burung yang cukup popular karena memiliki sejuta manfaat dari sarang yang terbuat dari air liurnya. Ternyata manfaat sarang burung walet ini sangat banyak sehingga begitu dicari. Makanya tidak heran bila burung yang satu itu mulai dipelihara dan dibudidayakan.

Burung walet memiliki beberapa macam dan jenisnya, dari ukuran kecil hingga sampai burung walet dengan ukuran yang besar. Sehingga beberapa orang mengira jika burung walet ini hanya ada satu jenis saja.

Bagi yang tidak tahu tentang jenis burung walet pasti sering salah sangka. Salah satu jenis burung walet yang bisa dibudidayakan yaitu burung walet sapi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang jenis yang satu ini.

 

Mengetahui Ciri Ciri Burung Walet Sapi

Burung walet sapi mempunyai nama lain yaitu white-bellied swiftlet, dimana burung ini memiliki ciri pada bagian perutnya terdapat warna putih.

Namun sebagian besar orang ada yang menyebut burung ini dengan nama sriti. Ukuran tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 10 – 12 cm.

Jenis walet yang satu ini apabila membentangkan sayapnya bisa mencapai 21 cm. Kemudian pada tubuh bagian atas mempunyai warna hitam kehijauan. Sedangkan untuk bagian bawahnya berwarna abu-abu gelap.

Selanjutnya yang menjadi karakteristik yang paling mudah dipahami yaitu bagian ujung paruh walet sapi terlihat melengkung dan mirip seperti kuku.

Kemudian paruh burung ini juga menjadi sebuah alat yang berguna untuk menempel pada tempat membuat sarang. Pada bagian kaki terlihat kecil dan tampak lemah.

Pada bagian perut memiliki warna terlihat keputihan yang menjadi ciri khusus burung walet sapi. Bagian ekor berbentuk belah dan sedikit terlihat dangkal.

 

Karakter Burung Atau Ciri Khas

Burung walet sapi ini memiliki nama latin Collocalia Esculenta, burung ini tergolong unik bila dibandingkan dengan burung walet yang lainnya. Karena untuk bentuk tubuhnya dikatakan mirip seperti sapi. Selanjutnya yang menjadi begitu jelas terkait karakter burung ini ialah bentuk bawah tubuhnya dan juga bagian perut yaitu berwarna putih.

Burung jenis ini termasuk burung walet yang paling kecil di Dunia karena bentuk tubuhnya sangat mungil dibandingkan burung walet pada umumnya. Namun burung walet ini mudah beradaptasi dengan manusia jadi ia dengan mudah dan tidak takut untuk bersarang di Rumah warga, gedung, perkantoran masjid, gereja serta tempat lainnya. Burung ini sering ditemui di daerah jawa dan juga di wilayah pulau Bali.ciri burung walet sapi

Suara kicauan burung ini juga terdengar dengan lengkingan nada tinggi “ciiiiiiiiiiiiiiir ciiiiiiiiiiiiiiir ciiiiiiiiiiiiiiir”. Suara ini yang begitu khas dari burung walet ini, burung jenis ini juga gemar berterbangan dengan berputar-putar bersama gerombolannya.

Sama saja burung dengan burung walet pada umumnya, walet sapi juga merupakan jenis burung pemakan serangga. Salah satu serangga yang paling disukai ialah serangga lebah.

Tidak hanya itu walet sapi juga akan menyusun sarang dengan hasil yang tidak teratur. Diantaranya terdiri dari lumut, rumput yang dilekatkan yang disertai dengan sedikit air liur.

Selain itu sarang burung walet ini juga bisa dimakan. Namun untuk diolah kandungan rumput dan lumutnya yang banyak ada baiknya juga dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah.

Pada musim kawin burung walet yang mungil ini bisa menghasilkan dua butir telur. Burung ini juga suka membuat sarang ditempat yang lumayan terang seperti di dekat mulut gua dan diantara celah batu atau sudut bangunan. Di alam liar biasanya ia tersebar di wilayah Himalaya, Asia, Papua nugini, dan juga di Australia.

 

Ulasan Ternak Burung Kicau Jadi Usaha Paling Cepat Untung

 

Memang terdapat banyak sekali jenis burung walet, Nah itulah sedikit penjelasan terkait jenis burung walet sapi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *