25 Ide Usaha Ternak Paling Menguntungkan Di Lahan Sempit

Memanfaatkan lahan sempit untuk budidaya bisa jadi sebuah ide bisnis jangka panjang. Banyak orang yang beranggapan kalau usaha ternak hanya bisa dijalankan di lahan yang luas, padahal tidak demikian. Kenyataannya ada banyak sekali usaha ternak yang menguntungkan yang bisa dilakukan di lahan sempit dengan modal kecil.

Saat ini berbagai jenis hewan ternak telah banyak dibudidayakan mulai dari yang biasa hingga jenis binatang unik lainnya. Bahkan usaha ternak bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memulai usaha baru bagi semua orang.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau keterbatasan lapangan kerja saat ini semakin sempit, bahkan sebagian sarjana justru banyak yang masih menganggur.

Bisnis atau usaha ternak memang paling cocok dilakukan di desa, tapi jangan salah. Faktanya ada beberapa ternak yang dapat anda kembangkan di kota dan hanya perlu sedikit lahan. Umumnya modal untuk budidaya hewan cukup besar, bisa puluhan sampai ratusan juta rupiah.

 

Mengungkap Bisnis Budidaya Ternak yang Menguntungkan Di Lahan Sempit

Ketika kita ingin memulai usaha di bidang peternakan maka sebaiknya harus dipikirkan secara matang supaya tidak mengalami kerugian. Memilih jenis usaha, perencanaan serta pelaksanaan wajib dilakukan. Di bawah ini beberapa usaha ternak yang menguntungkan di lahan sempit dengan modal kecil yang cocok dikembangkan.

1. Ternak Burung Kicau

Saat ini bidang usaha ternak yang paling menguntungkan dan bisa dikembangkan di lahan sempit adalah ternak burung kicau. Kalau dulu usaha ini tidak begitu populer, tapi belakangan tahun ini budidaya burung kicau mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat.ternak burung kicau

Jenis usaha ternak ini sangat cocok bagi anda yang gemar memelihara burung kicau di rumah. Anda bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah sebagai usaha budidaya burung. Terdapat beragam burung yang mudah di pelihara dan cepat panen, seperti burung lovebird, kenari, murai dan lain-lain.

 

2. Ternak Ikan Hias

Selanjutnya usaha yang potensial di lahan sempit ialah ternak ikan hias. Usaha budidaya ini memang sudah ditekuni oleh sebagian pengusaha sejak zaman dulu. Meskipun demikian, prospek ternak ikan hias sangatlah menguntungkan.

Modal untuk memulai bisnis ini sangat kecil bila dibandingkan dengan usaha ternak lainnya. Anda hanya perlu belajar membuat media penangkaran serta cara pemeliharaan yang baik dan benar. Beberapa ikan yang begitu populer dan memiliki harga fantastis diantaranya yaitu ikan louhan, ikan koi, ikan arwana dan masih banyak lagi.

 

3. Ternak Ayam Hias

Nah bagi anda yang punya halaman rumah yang cukup maka usaha ternak ayam hias bisa menjadi solusi untuk memulai bisnis baru. Tidak jauh berbeda dengan burung kicau, ayam hias juga mempunyai target pemasaran yang sangat luas.

Tingginya angka permintaan untuk ayam hias begitu banyak sehingga bidang usaha ini layak untuk dikembangkan. Jenis ayam yang banyak peminatnya diantaranya yaitu ayam serama, ayam ketawa, ayam batik, cemani serta berbagai ras ayam luar negeri.

 

4. Ternak Ayam Bangkok

Ayam bangkok atau yang biasa disebut ayam aduan merupakan jenis hewan yang sangat mudah di pelihara. Bagi anda yang sedang mencari ide usaha ternak yang menguntungkan di lahan sempit maka usaha budidaya ini dapat dijadikan sebagai pilihan.

Target pemasaran ayam bangkok itu sendiri adalah para penggiat sabung ayam. Meskipun kita saat ini sudah berada pada zaman modern, tapi peminat ayam laga masih begitu banyak. Selain itu mereka akan memberikan harga yang sangat tinggi untuk kategori ayam yang mempunyai kualitas bagus.

 

5. Ternak Lobster Air Tawar

Prospek budidaya lobster air tawar (LAT) tidak bisa kita anggap remeh, kenyataannya sudah banyak sekali penangkar lobster yang sukses dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Bisnis yang satu ini tergolong usaha yang masih langka dan sedikit pesaing.

Untuk memulai budidaya lobster air tawar kita hanya perlu mempelajari bagaimana cara perawatannya. Bahkan sudah banyak sekali tutorial yang mengajarkan tentang itu baik di google ataupun di youtube. Jadi tidak ada alasan seorang pemula akan kesusahan memulai usaha budidaya lobster air tawar ini.

 

6. Ternak Ikan Cupang

Selanjutnya usaha ternak yang paling menguntungkan di lahan sempit dengan modal kecil adalah budidaya ikan cupang. Ikan jenis ini mempunyai dua fungsi, yakni sebagai ikan petarung dan sebagai ikan hias. Ada banyak sekali orang yang suka dengan ikan cupang untuk dijadikan sebagai hiasan di dalam akuarium.ternak ikan cupang

Untuk memulai usaha ini kita dapat menyiapkan modal di bawah 1 juta, untuk biaya bibit dan biaya lainnya. Walaupun harga ikan cupang tidak begitu mahal seperti ikan arwana dan louhan, tapi jangan khawatir karena peminat ikan cupang jauh lebih banyak.

 

7. Ternak Cacing Sutera

Seperti yang kita tahu terkadang sebuah usaha memiliki keterkaitan dengan usaha lainnya. Contohnya saja pengusaha ikan hias yang selalu membutuhkan supplay cacing sutera untuk pakan ikan mereka.

Tidak terlepas dari bisnis budidaya ikan, usaha budidaya cacing sutra juga memiliki peluang yang cemerlang. Mungkin sebagian orang banyak yang menganggap remeh usaha yang satu ini, sebenarnya permintaan pasar terhadap cacing sutra sangat tinggi dan penyedianya masih sedikit.

 

8. Ternak Jangkrik

Usaha ternak jangkrik masih jarang ditekuni oleh masyarakat kita meskipun mempunyai prospek yang bagus. Permintaan terhadap jangkrik untuk makanan burung dan umpan memancing semakin hari mengalami peningkatan yang pesat.

Kalau dulu orang lebih senang mencari jangkrik di kebun dan kemudian di jual, tapi sekarang sudah berbeda. Membudidayakan jangkrik nyatanya lebih mudah dibandingkan mencarinya di ladang. Ternak jangkrik memang bisa menjadi pilihan ide usaha ternak yang menguntungkan di lahan sempit.

 

9. Ternak Kroto

Selain jangkrik ada juga kroto yang merupakan lava dari semut rangrang yang saat ini semakin dicari oleh para pecinta burung kicau. Memang untuk mencarinya sangatlah sulit, jadi tidak heran bila harga kroto per kilo nya begitu mahal.Jadi tidak heran kalau peluang ternak kroto ini layak untuk diperhitungkan.

Untuk memulai usaha ini kita hanya memerlukan lahan yang seadanya, atau bisa di lakukan di dalam rumah maupun di halaman. Yang paling penting ialah mempelajari bagaimana cara budidaya kroto supaya hasilnya bisa mendapatkan keuntungan besar.

 

10. Ternak Burung Puyuh

Karena sedikitnya peternak burung puyuh menyebabkan harga daging dan telur burung ini tidak stabil. Umumnya burung puyuh hanya dimanfaatkan telurnya, tapi akhir-akhir ini permintaan akan daging burung puyuh terus mengalami kenaikan yang signifikan. Pasalnya sudah banyak sekali penyedia santapan kuliner yang menghadirkan berbagai olahan menu dari daging burung puyuh.

Bisnis ternak burung puyuh di Indonesia bias dibilang masih kurang untuk memenuhi permintaan konsumen yang tinggi. Padahal burung ini sangat mudah dibudiayakan dan cara perawatannya tidak berbeda dengan ayam petelur. Selain itu ternak burung puyuh tidak memerlukan banyak modal dan bisa dijalankan di lahan sempit sekalipun.

 

11. Ternak Belut Dengan Tong

Saat ini kemajuan di bidang perikanan sudah semakin berkembang sehingga terdapat berbagai cara budidaya yang bisa menguntungkan dalam waktu singkat. Usaha ternak belut dengan tong plastik menjadi alternatif terbaru dalam bidang budidaya. Dengan demikian mampu mempercepat hasil panen dan menghemat tempat.

Kita semua pasti tahu kalau belut adalah salah satu makanan yang kaya dengan gizi dan sangat baik untuk dikonsumsi. Jadi dengan mengembangkan pola budidaya yang baru dan modern tentu seorang peternak mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat.

 

12. Ternak Ikan Lele Kolam Terpal

Selain budidaya belut dengan menggunakan tong, kemajuan di bidang budidaya yang tidak kalah menggiurkan ialah budidaya ikan lele dengan kolam terpal. Usaha ini menjadi pilihan yang cukup dinamis mengingat keterbatasan lahan yang ada.

Membuat kolam terpal tentu akan menghemat modal dan juga akan lebih efisien. Seperti yang kita tahu kalau ikan lele termasuk jenis binatang yang cepat beradaptasi dan tidak mudah mati. Kita dapat membuat kolam dengan ukuran 10×15 meter atau lebih untuk lahan pembesaran ikan lele.

 

13. Ternak Tikus

Kalau berbicara ternak tikus tentu banyak orang yang akan tercengang dan menganggapnya aneh. Tapi jangan salah, saat ini telah banyak sekali orang yang berhasil dan sukses membudidayakan tikus meskipun tikus dianggap sebagai hama perusak.Ternak tikus

Prospek budidaya tikus pada dasarnya begitu menguntungkan, kita dapat menjadi salah satu penyedia tikus bagi mereka yang membutuhkan. Tikus bisa dijadikan sebagai makanan hewan peliharaan seperti reptil serta dapat digunakan sebagai bahan laboratorium.

 

14. Ternak Kelinci

Kelinci termasuk salah satu binatang yang mudah dibubidayakan dan cepat panen. Sejak dulu sudah banyak dari masyarakat kita yang membudidayakan kelinci sehingga memperoleh banyak keuntungan.

Pada dasarnya ternak kelinci sangat menguntungkan dan bisa dikembangkan pada lahan yang sempit. Bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai usaha sampingan di rumah. Ada dua macam kelinci yang bisa kita pelihara, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias dan sama-sama bisa menjadi sumber penghasilan.

 

15. Ternak Marmut

Kalau kita berbicara mengenai Marmut memang hewan kecil yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kelinci ataupun tikus. Perkembangan budidaya marmut pada awalnya tidak begitu marak, tapi belakangan ini ternak marmut sudah mulai diminati.

Pasalnya sekarang target pasar jual beli marmut cukup banyak. Mulai dari penghobi binatang bahkan mereka yang suka dengan kelezatan daging binatang mungil ini. Untuk memulai usaha ternak marmut tentu tidak membutuhkan modal yang besar, jadi bisa dikembangkan dengan modal seadanya.

 

16. Ternak Lebah Madu

Hewan yang begitu familiar dikenal dengan sebutan tawon ini mempunyai prospek yang menjanjikan bila dibudidayakan. Kita semua tentu tahu kalau harga madu asli semakin hari semakin mahal. Tentu saja usaha ternak lebah madu bisa memberikan keuntungan yang luar biasa.

Masalahnya tidak semua orang bisa memulai ternak ini dikarenakan beberapa alasan. Misal seseorang yang takut dengan sengatan lebah, atau tidak tahu cara perawatannya. Maka dari itu jika anda tertarik memulai ternak lebah anda harus berani dan lebih banyak belajar soal perawatan lebah madu.

 

17. Ternak Kucing Ras

Terdapat berbagai jenis kucing ras yang populer di dunia, misal seperti kucing anggora dan persia. Semua orang tentu sudah tahu kalau kucing bisa dijadikan pilihan terbaik untuk dipelihara di rumah. Maka dari itu peluang ternak kucing ras sangat bagus sekali mengingat banyak orang yang suka dengan kucing.

Ternak kucing ras bisa menghasilkan banyak keuntungan yang berlipat. Contohnya saja kita memelihara dua pasang kucing anggora sehingga bisa memperoleh keturunan kemudian anak kucing bisa kita jual kembali. Selain itu budidaya kucing ini cukup mudah dan sangat cocok pada lahan sempit.

 

18. Ternak Semut Jepang

Mungkin hanya sebagian orang yang tahu bahwa ternyata semut Jepang bisa sangat menguntungkan jika dibudiayakan. Semut jepang berguna untuk berbagai pengobatan seperti diabetes, jantung dan penyakit lainnya.

Akhir-akhir ini semut yang satu ini banyak dibutuhkan untuk obat. Selain itu cara budidaya semut jepang cukup sederhana dengan botol plastik serta diberi makanan berupa ragi tape.

 

19. Ternak Bebek

Usaha ternak yang tak kalah menguntungkan dan cocok di lahan yang sempit ialah ternak bebek. Sudah banyak peternak bebek yang telah membuktikan dan menunjukkan keberhasilannya pada bidang budidaya yang satu ini.Ternak bebek

Bebek juga termasuk binatang ternak dwiguna yang selain dimanfaatkan telurnya juga bisa dagingnya dapat di konsumsi. Kemudian bebek mudah sekali dipelihara, ternak bebek sangat cocok sekali di kembangkan di area dekat sungai atau kolam.

 

20. Ternak Ayam Petelur

Mengingat meningkatnya harga telur di pasar tentu dapat kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membuka bisnis ternak ayam petelur. Pasalnya semua orang di Indonesia pasti menggunakan telur sebagai bahan makanan sehari-hari. Maka tidak heran bila harga telur terus melambung tinggi akibat tingginya kebutuhan masyarakat.

Kenapa ternak ayam petelur? Jelas ternak ayam petelur akan jauh lebih efisien apabila dibandingkan dengan ayam pedaging. Dengan lahan atau lokasi seadanya kita sudah bisa memulai bisnis ini.

 

21. Ternak Ulat Hongkong

Salah satu usaha ternak yang tidak bisa atau beda dengan yang lainnya yaitu ternak ulat hongkong. Meskipun sekilas terlihat menjijikkan, tapi prospek budidaya ulat ini begitu menjanjikan untuk masa depan.

Ulat hongkong menjadi begitu dicari karena kaya akan protein sehingga cocok dijadikan sebagai makanan ikan, burung maupun hewan reptil. Sudah banyak orang yang berhasil dan sukses dari usaha budidaya unik yang satu ini.

 

22. Ternak Reptil

Reptil merupakan salah satu hewan yang sering dibilang mengerikan bagi orang, misalnya saja ular, katak dan iguana. Tapi jangan salah, sekarang ini banyak orang yang suka dengan berbagai jenis reptil untuk dipelihara.
Karena memelihara reptil semakin populer, sekarang sudah banyak orang yang menjual aneka macam reptil peliharaan. Selain itu usaha ternak reptil pun semakin maju dan berkembang pesat.

 

23. Ternak Keong Mas

Keong mas merupakan binatang yang cukup di kenal oleh masyarakat kita. Awalnya keong ini hidup di perairan tawar, danau atau di sawah sehingga sangat muda ditemukan.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa ternak keong mas begitu menggiurkan? Alasannya karena kebutuhan terhadap keong mas cukup meningkat. Keong mas bisa dijadikan sebagai olahan masakan atau pakan ternak.

 

24. Ternak Tokek

Binatang yang termasuk jenis reptil ini juga cocok dibudidayakan pada lahan sempit. Saat ini tokek hias menjadi incaran para pecinta hewan peliharaan karena keunikannya.

Jenis tokek yang mulai banyak peminatnya ialah jenis Leopard Gecko atau dikenal dengan tokek belang berwarna.

 

25. Ternak Belatung

Mungkin sebagian orang akan menganggap ide usaha ternak ini sedikit gila dan terkesan aneh. Akan tetapi faktanya saat ini belatung menjadi sangat dibutuhkan oleh segelintir orang.

Belut sering digunakan sebagai umpan ikan serta sebagai makanan burung peliharaan. Di sisi lain belatung juga dijadikan sebagai terapi pengobatan berbagai penyakit.

Baca Juga:

Coba 13 Usaha Ternak Ini Terbukti Paling Cepat Panen

31 Usaha Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Keuntungan

 

Usaha pada bidang budidaya memang gampang-gampang susah dan perlu pengetahuan yang cukup. Nah bagi anda yang sedang mencari referensi usaha ternak apa yang menguntungkan di lahan sempit maka beberapa usaha ternak di atas bisa dijadikan rujukan.

Related Posts

Add Comment