31 Usaha Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Keuntungan

Destiku.Net Sebenarnya ada beberapa jenis usaha ternak paling mudah dan menghasilkan sehingga cocok dikembangkan oleh siapapun.

Akibat sulit mencari kerja sehingga banyak dari kita yang menjadi pengangguran. Memang saat ini ketersediaan lapangan kerja di Negara kita agak sedikit memprihatinkan.

Kemudian masalah pola pikir masyarakat kita yang terlalu berfokus pada pekerjaan kantoran sehingga jarang melirik peluang usaha di bidang lainnya. Kita hanya berpikir bagaimana caranya supaya diterima kerja di kantor dengan gaji yang besar.

Banyak dari kita yang ditolak saat wawancara kerja dan akhirnya sampai saat ini hanya menunggu keberuntungan nasip.

Apakah anda juga termasuk? Lalu kenapa tidak mencoba membuka usaha mandiri yang potensial, misal seperti usaha ternak?., dibandingkan menjadi pengangguran saya rasa lebih baik mencoba sesuatu yang baru.
Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa bidang peternakan itu sulit untuk ditekuni, maka sebaiknya ubah persepsi anda.

Peluang dan Keuntungan Usaha Ternak

Salah satu yang menjadi keuntungan dari bisnis bidang peternakan ialah kecilnya modal yang dibutuhkan. Jadi modal ini tergantung skala peternakan yang akan dibangun, misal hanya usaha ternak rumahan jelas modalnya pun kecil.

Usaha ternak termasuk bisnis yang sederhana dan simpel yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak terbatas dengan tingkat pendidikan, asal ada kemauan untuk belajar dan keinginan untuk terus mencoba anda sudah bisa menjadi seorang peternak.

Permintaan untuk hewan ternak bersifat jangka panjang dan hasil peternakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat kita. Contoh, ada banyak lestoran yang setiap hari membutuhkan supplay daging dan telur.

Berikut ini 31 Usaha Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Cocok Bagi Pengangguran

Setelah membaca pembahasan di atas apakah anda tertarik untuk menekuni usaha di bidang peternakan?. Nah jika demikian, berikut ini ada beberapa ternak yang mudah dan tentunya menguntungkan yang bisa anda jadikan sebagai ide bisnis.

1. Ternak Ikan Lele

Budidaya ikan lele merupakan usaha yang ternak paling mudah yang cocok untuk pemula. Selain itu pertumbuhan ikan lele begitu cepat sehingga bisa dipanen dalam waktu singkat.

Hanya butuh waktu waktu dua sampai tiga bulan anda sudah bisa menikmati hasil dari panen kolam lele. Modal yang dibutuhkan tidak besar, yakni modal bibit lele dan modal pakan selama tiga bulan, lalu biaya untuk obat bila diperlukan.

Usaha ternak lele sangat menguntungkan karena bisa dikembangkan dimanapun, baik di desa, kota maupun pada lahan yang sempit. Kemudian ada invasi terbaru yang membuat budidaya lele begitu menggiurkan, yaitu penangkaran ikan lele menggunakan kolam plastik/terpal.

2. Ternak Ayam Potong

Ayam potong merupakan hewan ternak yang dimanfaatkan daging (karkas) untuk dimakan oleh manusia. Meskipun ternak ayam potong terlihat seperti bisnis biasa, tapi tahukah anda akan potensi sesungguhnya dari usaha ternak ini.

Sekarang ini di negara kita harga daging ayam terus-menerus naik sehingga budidaya ayam potong memiliki prospek yang bagus. Ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis, apalagi kalau anda sama sekali belum mendapatkan pekerjaan.

Selain harganya mahal, penjualan daging ayam potong sangatlah mudah. Kemudian pada momen-momen seperti hari raya lebaran harganya kian semakin meningkat.

3. Ternak Ayam Kampung

Selanjutnya usaha ternak yang paling mudah untuk dijalankan oleh pemula adalah ternak ayam kampung. Pola pemeliharaan ayam kampung tidak jauh berbeda dengan ayam potong, bahkan bisa dibilang lebih simpel lagi.

Kemudian keunggulan ayam kampung ialah tidak mudah sakit dan cocok dalam segala kondisi iklim.

Budidaya Ayam kampung mempunyai potensi penjualan yang begitu tinggi. Pasti ada banyak pihak yang membutuhkan daging ayam kampung baik itu untuk di konsumsi maupun untuk dipasarkan kembali.

Sudah banyak orang yang sukses menjalankan bisnis ternak ayam kampung. Bukankah layak dicoba, modal usaha yang kecil, perawatan yang mudah., Nah apakah anda tidak tertarik untuk mencobanya?.

4. Ternak Lovebird

Siapa sih yang tidak tahu burung lovebird? Hewan yang biasa disebut dengan sebutan burung cinta merupakan jenis burung peliharaan sangat populer akhir-akhir ini. Burung ini mempunyai suara kicau yang bagus, bahkan lovebird termasuk burung kontes yang sering di lombakan.

Karena semakin banyak orang yang suka dengan burung lovebird sehingga permintaan pasar terhadap burung ini semakin meningkat. Tentu saja ini berdampak positif bagi para peternak burung kicau sehingga mereka dapat memperoleh banyak keuntungan.

Nilai jual burung lovebird cukup fantastis untuk ukuran burung kicau, lumayan mahal dan bisa mengisi dompet peternak. Hanya dengan bermodalkan sepasang induk lovebird anda sudah bisa mencobanya.

Baca juga: Ulasan Ternak Burung Kicau Jadi Usaha Paling Cepat Untung

5. Ternak Burung Kenari

Beternak burung kenari tidak jauh berbeda dengan Lovebird, jadi ide bisnis yang satu ini juga berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Peminat burung kenari juga terus mengalami peningkatan sehingga jadi tambah populer.

Burung kenari juga termasuk burung perlombaan atau burung kicau kontes, jadi tidak heran bila harganya cukup mahal. Apalagi kalau burung yang sudah pernah memenangkan kontes, bisa-bisa nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Terdapat beberapa jenis burung kenari yang bisa anda pelihara, mulai dari kenari lokal (asli dari Indonesia) hingga kenari import. Selain itu keunggulan dari ternak kenari ialah tingkat perkembangbiakannya yang sangat cepat serta perawatannya yang tidak rumit.

Sasaran pasar untuk penjualan burung kenari begitu luas, misal mereka para pecinta burung kicau, pengumpul bibit kenari, toko penjualan burung dan mereka pengoleksi burung. Jadi bagi yang ingin membudidayakan burung kenari tidak usah takut karena untuk pemasaran burung ini sangatlah gampang.

6. Ternak Burung Merpati

Burung merpati sudah dibudidayakan oleh masyarakat kita sejak zaman dahulu. Secara umum tujuan dari budidaya merpati ialah untuk dijadikan sebagai burung balap atau untuk di konsumsi.

Peluang usaha ternak merpati masih terbuka lebar dan bisa dibilang masih sedikit orang yang berprofesi sebagai peternak merpati. Walaupun kepopuleran burung merpati tidak seperti burung kenari dan lovebird, ada masa tertentu ketika burung mendapatkan banyak peminat.

Biasanya ketika bulan puasa dan saat 17 agustus penjualan merpati menjadi sangat meningkat. Ketika puasa banyak anak-anak yang suka bermain merpati sambil menunggu waktu berbuka. Kemudian saat 17 agustus banyak yang bermain merpati untuk diperlombakan.

Memelihara burung merpati sangat mudah dan tidak butuh perawatan khusus. Karena burung ini jinak sehingga bisa dilepas bebas di halaman rumah. Asal ada kandangnya burung akan kembali sendiri, yah mirip seperti ayam.

7. Ternak Ikan Hias

Budidaya ikan hias bisa anda jadikan alternatif bisnis yang menguntungkan. Ternak ikan hias cocok bagi anda yang kekurangan lahan karena tidak memerlukan banyak ruang.

Pertama anda perlu menyiapkan kolam budidaya ikan hias. Tapi sebenarnya untuk mengembangkan bisnis ini kolam tidak begitu wajib. Kenyataannya ada beberapa peternak ikan hias yang sukses hanya bermodalkan toples dan akuarium.

Terdapat beraneka macam jenis ikan hias yang dapat anda pelihara, seperti ikan louhan, ikan koi, arwana, kemudian yang paling mudah perawatannya ialah ikan cupang.

Selanjutnya anda hanya tinggal memperhitungkan modal awal seperti modal untuk membeli bibit, pakan, peralatan dan perlengkapan lainnya.

8. Ternak Kroto

Jenis hewan mudah dipelihara dan menguntungkan ialah telur semut angkrang atau yang dikenal dengan nama kroto. Kroto mengandung gizi dan protein yang sangat tinggi sehingga memiliki banyak kegunaan.
Beberapa fungsi kroto diantaranya untuk pakan burung dan pakan ikan supaya sehat dan berkualitas.

Tapi saat ini kroto sangatlah langka dan sulit dicari, bahkan di alam bebas pun semakin jarang dijumpai.

Karena itu sekarang banyak orang yang mulai melirik peluang bisnis kroto guna memenuhi permintaan di pasar.

Karena masih jarang yang menekuni usaha ini maka ternak kroto termasuk usaha yang unik dan langka. Jelas peluangnya sangat menjanjikan dan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Terlebih lagi sasaran penjualan kroto sudah diketahui, yaitu pecinta burung dan peternak ikan.

9. Ternak Cacing

Walaupun ternak cacing terkesan aneh, tapi tahukah anda kalau sebenarnya usaha ternak cacing ini begitu menguntungkan. Nyatanya sudah banyak pengusaha yang berhasil menghasilkan pundi-pundi rupiah dari bisnis percacingan ini.

Budidaya cacing termasuk bisnis ternak paling mudah dijalankan dan termasuk jenis usaha yang unik.

Tujuan dari ternak cacing adalah memenuhi permintaan konsumen., ada beberapa pihak yang sangat membutuhkan cacing.

Contohnya saja pengusaha ikan hias dan mereka yang punya hobi mancing. Saya sendiri sering pergi ke toko peralatan memancing dan di sana stok cacing selalu habis.

Nah bagi anda yang sedang mencari ide usaha, ternak cacing dapat anda jadikan pilihan. Jadi tinggal mau membudidayakan cacing tanah atau cacing sutra serta memahami cara merawatnya.

10. Ternak Kura-Kura Brazil

Kura-Kura adalah binatang yang lucu dan mengemaskan. Sekarang sudah banyak orang yang tertarik memelihara hewan ini. Akan tetapi penyedia kura-kura masih sedikit sehingga kalaupun ada harga jual kura-kura jadi mahal.

Berbeda dengan jenis kura-kura pada umumnya yang mempunyai ukuran besar, Kura-kura Brazil semakin populer dengan ukurannya yang sangat kecil. Banyak orang menyebutnya kura-kura mini yang lucu.

Peluang bisnis kura-kura menjadi begitu menguntungkan karena masih langka.

Ayo, bagi anda yang masih menganggur kenapa tidak melihat prospek dari bisnis unik yang satu ini.

11. Ternak Kelinci

Kalau ingin cepat untung anda bisa mencoba menekuni usaha ternak kelinci. Modal yang dibutuhkan relatif kecil dan mudah dijalankan oleh siapapun tanpa batasan usia dan pendidikan.

Ternak kelinci pedaging maupun kelinci hias mempunyai prospek yang luar biasa.

Kalau anda tertarik coba pertimbangkan.,

Target pasar kelinci pedaging adalah konsumen yang menginginkan daging kelinci seperti masyarakat, restoran, warung sate dan masih banyak lagi.

Sedangkan sasaran pasar untuk kelinci hias adalah orang yang memiliki hobi memelihara kelinci.

Dua jenis ternak kelinci di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah kalau anda tertarik silahkan mau memilih membudidayakan kelinci hias atau kelinci pedaging.

12. Budidaya Belut di Drum

Belut adalah salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya tinggal perairan rawa atau perairan berlumpur. Daging belut mengandung banyak protein sehingga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Ternak belut menggunakan drum adalah terobosan terbaru di bidang budidaya ikan dengan tujuan mempercepat pengembangbiakan.

Rasanya ternak belut secara konvensional, yaitu dengan kolam hasilnya kurang maksimal dan waktu panennya lama.

Budidaya belut dengan sistem modern yaitu menggunakan drum semakin berkembang dan lebih mudah. Untuk memulainya anda hanya perlu membeli bibit dan menyediakan media penangkaran dengan drum.

13. Beternak Jangkrik

Belakangan ini usaha ternak jangkrik memiliki peluang yang baik. Orang-orang mulai bergerak untuk mencobanya dengan harapan bisa menghasilkan uang. Hampir sama dengan ternak kroto, budidaya jangkrik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penghobi burung, peternak ikan dan tukang mancing.

Ternak jangkrik sebenarnya mudah dijalankan asal memiliki niat dan tekad., anda bisa belajar dengan cepat bagaimana cara memeliharanya.

Meskipun tergolong usaha yang remeh, ternak jangkrik bisa menghasilkan omset hingga jutaan rupiah. Karena sedikitnya pemasok jangkrik ke pasaran membuat jangkrik menjadi susah dicari, padahal banyak orang yang membutuhkannya.

14. Beternak Kucing Hias

Bisa dibilang kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer dan banyak dipelihara di semua negara. Beternak kelinci memiliki keuntungan tersendiri sehingga bisa dijadikan sebagai bisnis yang paling mudah dilakukan.

Ada berbagai jenis kucing ada, baik jenis lokal ataupun kelinci import.

Belakangan ini harga kucing hias semakin mahal saja, kemudian permintaan pasarnya pun mengalami peningkatan. Jenis kucing yang banyak peminatnya saat ini yaitu kucing persia dan kucing anggora.

Harga pasaran untuk setiap ekor kucing hias antara 500-700 ribu rupiah. Ini bisa dijadikan sebagai ide usaha yang sangat menggiurkan bukan?

Usaha budidaya kucing biasanya membutuhkan modal di awal, yaitu untuk membeli indukan. Nah bila sudah memiliki indukan anda hanya perlu memeliharanya hingga menghasilkan keturunan. Selanjutnya tinggal merawat anak kucing sampai usia 3 bulan lalu kemudian dijual dan memperoleh untung yang lumayan.

15. Ternak Hewan Pengerat

Ternak hewan pengerat memang masih jarang dilakukan, tapi tahukah anda kalau ternyata usaha budidaya hewan pengerat begitu menguntungkan.

Karena sedikitnya pesaing membuat sebagian orang tertarik untuk mencobanya., Nah apakah anda juga tertarik?

Jenis hewan pengerat yang paling disukai dan banyak peminatnya adalah hamster, sugar glinder, musang dan tikus. Keempat hewan ini semakin dicari karena memang mempunyai keunikan tersendiri sebagai hewan peliharaan.

16. Ternak Bebek

Peluang usaha budidaya bebek petelur adalah pilihan ide bisnis dari beberapa usaha yang cocok untuk pengangguran. Bebek merupakan salah satu unggas yang dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya.

Kenapa prospek ternak bebek ini begitu menjanjikan?

Kalau dulu harga telur bebek hanya seribu rupiah, tapi saat ini harganya tambah naik saja sampai 60 ribu per kg. Prediksi harga ini akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Tidak hanya telurnya saja, permintaan akan daging bebek pun terus mengalami kenaikan sampai kadang-kadang karena sedikitnya pemasok menyebabkan kelangkaan.

Nah apakah anda tertarik untuk mencoba usaha yang satu ini? Kalau begitu anda bisa mencobanya sendiri dan nikmati keuntungannya.

17. Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur biasa kita sebut dengan ayam ras yang dipelihara untuk diambil telurnya. Mencoba mengembangkan bisnis ayam petelur adalah pilihan terbaik untuk anda yang masih menjadi pengangguran.

Yah, mencari kerja memang susah, lalu kenapa anda tidak membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan membuka peternakan ayam petelur.

Usaha ternak yang mudah dan bisa dijalankan oleh pemula ini mempunyai prospek menjanjikan untuk jangka waktu panjang. Lihatlah sekarang ini harga telur ayam terus meroket, alasan yang paling masuk akal ialah karena kurangnya supplay telur dari peternak ke pasar.

Jadi kenapa tidak memulainya? Di dalam sebuah ruang terdapat peluang yang sebenarnya jarang diminati oleh orang lain seperti usaha ternak ayam petelur ini.

18. Ternak Reptil

Reptil biasa dikenal dengan hewan liar dan berbahaya sehingga banyak orang yang tidak menyukainya.
Tapi pendapat itu sudah kuno,

Sekarang sudah banyak orang yang suka dengan jenis binatang reptil, bahkan ada beberapa dari mereka justru memeliharanya di rumah. Ini termasuk sebuah hobi yang unik, dan karena itu peluang usaha ternak reptil ini jadi tren bisnis baru yang mulai diminati.

Peluang budidaya reptil sangatlah menjanjikan, permintaan hewan reptil seperti iguana, ular, bearded dragon semakin banyak saja.

19. Ternak Lobster Air Tawar

Di alam bebas lobster air biasa hidup di danau, rawa dan sungai yang airnya jernih. Tapi sekarang banyak peternak yang alih profesi dan tertarik membudidayakannya.

Peluang budidaya lobster air tawar atau Freshwater Crayfish?

Bisnis ternak lobster air tawar merupakan usaha ternak paling mudah serta menguntungkan, cocok dijadikan ide bisnis rumahan bagi anda.

Contohnya sudah banyak peternak yang sukses menekuni bidang usaha yang satu ini. Harga untuk lobster saat ini antara antara 150-250 ribu/kg. Jadi tidak heran bila bisnis ini omsetnya bisa mencapai jutaan rupiah.

20. Ternak Burung Puyuh

Kalau di Negara kita burung puyuh biasa disebut dengan “manuk gemek”, yaitu burung liar yang habitatnya di dekat persawahan. Burung ini memiliki tingkat produksi telur yang bagus, selain itu telurnya kaya akan protein.
Tapi sekarang perkembangan budidaya burung puyuh sudah semakin modern. Para peternak lebih suka mengembangkan spesies burung puyuh luar negeri yang hasil telurnya lebih banyak.
Jenis yang populer dan banyak dipelihara saat ini adalah Coturnix japonica yang merupakan varietas asli Jepang. Setiap tahun burung puyuh ini dapat bertelur 250-300 butir telur.

21. Ternak lebah Madu (Tawon)

Saat ini harga madu tawon bisa dibilang sangat mahal, yaitu antara 80-150 ribu/botol. Sebenarnya kalau kita melihat peluang budidaya lebah ini sangat menjanjikan untuk masa depan.

Kemudian tidak hanya madunya saja yang mahal, harga untuk bibit lebah madu per kotak bisa mencapai jutaan rupiah.

Ada bermacam jenis lebah madu yang layak dibudidayakan, yaitu lebah liar yang berasal dari hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), dan kemudian lebah unggul (Apis mellifera) yang merupakan lebah khusus untuk dibudidayakan.

Jenis lebah unggul ini lebih produktif dibandingkan dengan lebah lokal dan mudah dipelihara karena jinak.

Nah apakah anda tertarik untuk mencobanya? Bila begitu anda bisa membeli satu kotak lebah madu untuk dikembangkan. Nanti bila kotak sudah terisi penuh biasanya tawon akan berpindah ke tempat lain sehingga anda dapat memasukan ke kotak yang baru.

22. Ternak Entok

Entok adalah jenis unggas yang sudah dipelihara oleh masyarakat umum di negara kita. Awalnya entok ini hanya di ternak dalam skala perumahan saja, tapi sekarang sudah banyak pengusaha yang mulai melihat peluang hebat dari budidaya entok skala besar.

Beberapa keuntungan dari ternak entok !

  • Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ternak entok tidak terlalu besar,
  • Termasuk hewan ternak yang mudah diurus dan dirawat,
  • Daya tahan entok lebih bagus bila dibandingkan dengan ayam potong dan bebek sehingga tidak mudah sakit,
  • Nilai jual dan permintaan entok di pasaran selalu mengalami kenaikan.

23. Ternak Ayam Joper

Mungkin bagi sebagai orang masih merasa asing ketika mendengar istilah ayam joper. Ayam Joper adalah kependekan dari Ayam Jawa Super.

Ayam Joper merupakan ras ayam baru yang berasal dari perkawinan silang antara jantan ayam kampung dan betina ayam petelur. Artinya ayam ini memiliki gen dari dua jenis ayam yang berbeda.

Sekarang banyak orang yang berbondong-bondong mencoba budidaya ayam joper ini. Rasa daging ayam joper sama dengan ayam kampung sehingga banyak orang menyukainya. Hal ini dikarenakan ayam ini mempunyai darah keturunan ayam kampung.

Keuntungan ternak ayam Joper diantaranya ialah pertumbuhan ayam ini sangat cepat bila dibandingkan dengan ayam kampung lokal. kemudian harga ayam Joper di pasaran selalu stabil dan tinggi.

Ini adalah keuntungan yang patut anda pertimbangkan bila ingin mencoba beternak ayam Joper (Jawa Super).

24. Ternak Kambing

Memulai sebuah bisnis bidang peternakan memiliki peluang yang bagus karena masih terbuka lebar untuk siapapun. Salah satu bidang ternak yang memiliki prospek bagus untuk dicoba adalah ternak kambing.

Kebutuhan akan daging kambing sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, tingginya permintaan pasar dan usaha kuliner akan daging kambing bisa kita manfaatkan untuk menciptakan peluang usaha baru.

Bidang peternakan banyak digemari sebagai ladang bisnis karena permintaan dari pasar dan industri kuliner saat ini sedang meningkat.

Ternak kambing bisa jadi salah satu lahan produksi yang diharapkan oleh pasar kuliner untuk menyediakan bahan makanan yang mereka butuhkan.

Di sisi lain usaha budidaya kambing begitu menjanjikan karena bisa dimulai dengan modal yang relatif sedikit. Dalam skala kecil budidaya ini dapat dilakukan di lahan yang sempit sehingga cocok sebagai bisnis rumahan bagi anda yang masih pengangguran.

25. Ternak Ayam Hias

Ayam Hias merupakan ayam mempunyai keunikan dan keindahan bentuk tubuh sehingga banyak orang yang suka memeliharanya.

Ayam hias bagus dipelihara di rumah sebagai pajangan dan hiasan yang menarik perhatian. Sekarang ini sudah banyak penghobi ayam hias di Indonesia, jadi anda tidak perlu takut untuk mencoba bisnis yang satu ini.

Usaha budidaya ayam hias tidak membutuhkan lahan yang luas, artinya bisa dikembangkan pada kondisi tempat sempit. Contohnya saja ternak di halaman belakang rumah.

Apa saja ayam hias yang cocok untuk dijadikan usaha sampingan oleh anda?

  • Ayam cemani
  • Ayam kapas
  • Ayam serama
  • Ayam hutan
  • Ayam ketawa
  • Ayam batik
  • Dan jenis ayam hias lainnya.

26. Ternak Sapi

Sapi merupakan binatang ternak yang bisa dibilang sulit dirawat apalagi dikembangkan sebagai usaha agribisnis. Jadi berbeda dengan beberapa usaha yang dijelaskan sebelumnya yang terkesan mudah dan ringan.

Tahukah anda usaha ternak sapi ternyata bisa menghasilkan banyak keuntungan., apalagi saat momen idul adha, harga jual sapi bisa meningkat 30%-45% dari harga biasanya.

Meskipun perawatannya sulit, bukan berarti anda tidak bisa mencobanya !

Sebenarnya bagian paling penting ketika ingin memulai sebuah usaha adalah niat dan tekad. Keseriusan pasti akan membuahkan hasil.

27. Ternak Keong Mas

Walaupun keong mas sering dianggap sebagai hama perusak tanaman, ternyata binatang yang satu ini mempunyai peluang yang menjanjikan bila dibudiadayakan. Keong mas biasanya merusak tanaman persawahan seperti padi sehingga hasil panen petani menjadi berkurang.

Mungkin bisnis keong mas ini termasuk usaha budidaya yang masih langka, namun sebenarnya anda bisa meraup banyak keuntungan bila menjalankan usaha ini.

Keong mas bisa dijadikan sebagai makanan yang bergizi dan tentu rasanya begitu lezat. Sekarang ini sudah banyak lestoran yang mulai menyediakan menu keong mas.

Nah dengan demikian peluang budidaya keong mas semakin terbuka lebar.

28. Ternak Tokek

Budidaya tokek menjadi populer sejak adanya jenis Leopard Gecko ke Indonesia. Tokek ini mempunyai warna kulit yang unik dan beragam. Kemudian ciri fisiknya lucu serta jinak sehingga tokek asal Pakistan para pecinta reptil tanah air.

Kesuksesan ternak tokek telah dibuktikan oleh pemuda dari kota Mojokerto, yaitu Yosep Dio (23) dan bersama rekannya Devy Putri (26) yang berhasil meraup keuntungan dari usaha tokek.

Mereka mulai menekuni bisnis ini sejak tahun 2015 hingga saat ini. Kemudian mereka mulai melakukan berbagai inovasi persilangan tokek sehingga sekarang telah mempunyai bermacam-macam spesies tokek yang mereka kembangkan. Dikutip dari detik.com.

29. Ternak Lintah

Lintah dikenal sebagai hewan yang membuat banyak orang jijik ataupun geli. Tapi pada kenyataannya hewan yang satu ini mampu mendatangkan keuntungan yang luar biasa bagi mereka yang membudidayakanya.

Kita semua tahu bahwa lintah bermanfaat untuk alat pengobatan seperti terapi dan bisa mengobati banyak penyakit.

Tentu ini menyebabkan sebagian orang ingin mencoba usaha ternak lintah ini. Memang kalau dilihat bisnis ini terkesan aneh dan nyleneh., tapi kenyataannya berbicara lain.

30. Ternak Udang

Sebelumnya kita telah membahas peluang usaha dari ternak lobster air tawar. Nah tidak jauh berbeda dengan lobster, ternyata prospek budidaya udang juga tergolong ke dalam jenis bisnis yang paling mudah untuk digeluti.

Faktanya telah banyak orang yang mendapatkan keuntungan dari praktek penangkaran udang yang satu ini. Jenis udang yang populer dan banyak peminatnya saat ini ialah udang vename.

Kemudian banyaknya inovasi di bidang budidaya membuat ternak udang menjadi semakin mudah. Contohnya saja seperti budidaya udang vaname dengan kolam terpal.

31. Ternak Ayam Aduan

Ayam aduan adalah ayam yang biasa digunakan untuk diadu atau diikutkan ke dalam kontes ayam laga.

Meskipun kegiatan adu ayam dianggap ilegal di negara kita, tapi tetap saja para pecinta ayam aduan menekuni hobi ini. Sebagian peternak ayam bangkok menganggap bahwa ayam aduan adalah ayam yang harga jualnya paling mahal bila dibandingkan dengan ras ayam lainnya.

Untuk ayam aduan yang berkualitas harganya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta. Faktanya kebanyakan para penghobi ayam ini merupakan kalangan berduit yang gemar mengikuti sabung ayam.

Nah walaupun bisnis ini ilegal, tapi jika kita hanya seorang peternak biasa tentu tidak menjadi masalah, karenanya kita hanya penjual saja.

Baca juga:

20 Ide Usaha Modal 1 Juta Ke Bawah yang Paling Inovatif Saat Ini

 

Saya kira pembahasan pada artikel ternak paling mudah dan menghasilkan sudah sangat lengkap dan padat. Sebenarnya ada banyak ide usaha yang bisa dikembangkan dengan modal yang kecil, beberapa daftar di atas bisa anda jadikan sebagai referensi.

Sekarang ini tren usaha ternak justru semakin diminati karena peluang bisnis ternak jauh lebih besar bila dibandingkan kerja kantoran. Nah apakah anda mau mencobanya? Kalau begitu jangan pesimis karena setiap orang pasti bisa melakukannya.

Related Posts

About The Author

Add Comment