Cara Hemat, 12 Tips Mengatur Keuangan Supaya Tidak Boros

Uang menjadi bagian paling penting dalam hidup, makanya kita harus bisa mengatur keuangan supaya tidak boros serta berusaha menjadi hemat.

Terkadang kita sering merasa kehabisan uang dan tanpa kita membeli apa-apa. Hal yang wajar bagi seseorang menyesalinya setelah uang benar-benar habis.

Kita memang hidup dengan profesi yang berbeda-beda, dengan begitu manajemen keuangan juga harus efektif.

Misalnya saja anda seorang ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan anak kost. Sebaiknya perhatikan bagaimana cara selama ini anda mengatur keuangan pribadi anda.

 

Alasan kenapa anda gagal mengatur keuangan?

Persoalan boros mengolah uang memang kerap sekali terjadi dan sering dialami banyak orang. Bagian yang paling berkaitan dengan ini adalah gaya hidup atau lifestyle.

Nyatanya, Ada beberapa kebiasaan kecil yang selama ini tidak dipikirkan dan ternyata menjadi penyebab kesulitan mengatur keuangan pribadi anda.

Uang habis tanpa membeli apapun memang membuat kita menyesal belakangan. Hal ini sangat wajar karena kita semua pasti pernah merasakannya.

Kita hidup di tengah masyarakat yang menuntut kita untuk bergaul sehingga kadang kita harus mengeluarkan biaya.

 

Cara Mengatur Keuangan Supaya Tidak Boros Sehingga Bisa Menabung

Mengatur keuangan pribadi harus di dasarkan pada seberapa banyak gaji yang di dapatkan. Bagi mahasiswa dan anak kost, harus lebih banyak mempertimbangkan berapa besar uang kiriman yang di dapatkan.

Manajemen keuangan yang efektif tidak hanya di terapkan dalam bisnis. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatur keuangan supaya tidak boros:

1. Pertimbangkan Berapa Pendapatan

Pendapatan setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang mendapat gaji tinggi dan juga ada yang kecil setiap bulannya. Begitupun dengan kiriman orang tua yang di dapatkan oleh pelajar, tentu setiap orang tidak sama.Pertimbangkan Berapa Pendapatan

Dengan mempertimbangkan pendapatan yang kemungkinan anda peroleh setiap bulan, maka anda sedikit menekan pengeluaran.

Maka sebaiknya merubah pola pikir “bagaimana caranya uang yang ada di kantong bisa cukup”. Sangat bijaksana jika anda bisa sedikit menyisihkan uang anda untuk menabung.

 

2. Memiliki Target Keuangan

Orang yang punya target pasti akan bisa mengatur hidupnya sendiri, makanya anda harus punya target. Pastikan anda memiliki tujuan keuangan, misal dalam beberapa bulan ke depan ingin mengumpulkan uang dengan jumlah sekian.target keuangan

Dengan adanya target pasti hidup bisa menjadi lebih hemat dan anda bisa menekan pengeluaran.

Terutama bagi kepala keluarga, sangat wajib sekali memiliki target keuangan untuk masa depan keluarganya. Dengan hidup hemat dan mulai memikirkan membeli rumah, menabung untuk biaya sekolah anak dan untuk target lainnya.

 

3. Wajib Punya Simpanan !

Simpanan uang sangat penting dan sebaiknya kita semua bisa menyisihkan uang untuk ini. Gaya hidup yang boros akan berdampak buruk ketika ada beberapa keperluan mendesak.

Banyak orang yang keuangannya menjadi bermasalah karena tidak punya simpanan atau tabungan.simpanan tabungan

Misal ketika keperluan mendesak mereka justru meminjam kepada bank, dan akhirnya tidak bisa membayar. Bahkan ada beberapa kasus yang memaksa mereka untuk menjual aset berharga seperti sertifikat tanah dan bangunan.

Maka dari itu, agar bisa hidup tenang dan nyaman kita harus bisa mengatur keuangan agar tidak boros. Lalu jangan lupa usahakan miliki simpanan.

 

4. Membuat Catatan Keuangan

Kita tidak di dalam ruang lingkup bisnis, namun catatan keuangan juga sangat dibutuhkan sebagai dasar pengolahan keuangan. Baik itu keuangan pribadi, buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran yang mudah.Membuat Catatan Keuangan

Laporan keuangan bulan ini bisa dijadikan dasar intropeksi bagi diri anda. kemudian anda juga bisa menilai seberapa boros keuangan anda bulan ini dibandingkan bulan sebelumnya.

Apalagi untuk ibu rumah tangga, sebaiknya catat seberapa banyak pengeluaran selama sebulan. Buat daftar belanja dan pastikan tidak membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

 

5. Mengurangi Penggunaan Transportasi Online

Transportasi online saat ini menjadi gaya hidup yang modern di Indonesia. Meskipun demikian, sebaiknya hindari penggunaan transportasi online demi menghemat keuangan anda.Penggunaan Transportasi Online

Walaupun ada banyak sekali diskon dan penawaran yang diberikan, lebih baik anda menggunakan transportasi pribadi.

Salah satu cara untuk menghemat uang yang dapat Anda lakukan adalah berhenti menggunakan layanan online.

Jika anda menggunakan perbandingan tentu bisa merasakan perbedaannya. Misal, untuk transportasi online anda mengeluarkan biaya Rp. 30 ribu per hari, coba saja hitung jumlahnya jika selama satu bulan?

 

6. Mengurangi Kebiasaan Hiburan

Kita pasti perlu hiburan, tapi sebaiknya hindari beberapa hiburan yang bisa membuat boros kantong anda. Memang gaya hidup akan selalu erat dengan rutinitas sehari-hari kita.Kebiasaan Hiburan

Sebagai contoh, anda biasa seminggu sekali mengunjungi cafe dan bioskop, sebaiknya ubah rutinitas menjadi sebulan sekali. Apalagi bagi anda yang sudah kecanduan nongkrong di cafe, pasti akan sulit menghilangkan kebiasaan ini.

Anggap saja anda menghabiskan 30-50 ribu setiap minggu untuk hiburan. Kemudian coba bandingkan dengan penghasilan selama sebulan, berapa persen uang yang dikeluarkan untuk ini.

 

7. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Faktanya kebutuhan akan rokok bisa sangat berpengaruh terhadap keuangan kita. Harga rokok yang selalu naik jelas menjadi masalah untuk mengatur keuangan.

Bahkan bagi pecandu rokok tingkat dewa, mereka bisa menghabiskan lebih dari satu bungkus rokok setiap harinya.Kebiasaan Merokok

Meskipun harga rokok bervariasi, kebanyakan produk rokok yang dinikmati oleh masyarakat indonesia berkisar 20 ribu an. Nah coba saja anda kalkulasikan biaya tersebut selama satu bulan.

Dengan gaji yang pas-pasan seorang perokok akan lebih sulit menghemat uang belanja mereka.

Kebiasaan merokok tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikurangi secara perlahan. Misal anda biasa menghabiskan satu bungkus rokok selama satu hari, maka anda bisa menghemat untuk 2-3 hari.

 

8. Mengurangi Membeli Air Mineral

Walaupun sepele, kebiasaan membeli air mineral botolan tentu bisa membuat keuangan boros. Manusia diwajibkan minum delapan gelas air putih setiap harinya agar tubuh sehat.Membeli Air Mineral

Lalu berapa botol air mineral yang anda habiskan untuk kebutuhan tersebut. Bukankah lebih hemat kalau bisa membawa air minum sendiri .

Terlihat enteng namun menguras kantong !

Logikanya, untuk keperluan ini anda perlu uang 15 ribu, lalu coba tambahkan dengan makan dan biaya hiburan. Bisa-bisa dalam waktu sehari anda akan menghabiskan uang ratusan ribu.

 

9. Mengurangi Aktivitas Jajan

Tidak bisa dipungkiri kalau kebutuhan jajan sudah menjadi bagian yang juga harus terpenuhi. Kita butuh cemilan makanan ringan untuk dimakan.Aktivitas Jajan

Mereka yang memiliki rencana menabung pasti akan menghindari aktivitas ini. Karena di dalam pikirannya hanya ada target yang harus mereka capai.

Nah bagi anda yang hobi jajan makanan sebaiknya mulai untuk mengurangi kebiasaan ini. Supaya hidup tidak boros lebih bijak jika anda membawa bekal dari rumah.

 

10. Pergaulan yang Membuat Anda Boros

Kita hidup tidak sendiri dan di dalamnya pasti ada perkumpulan yang membuat kita harus bergabung. Tapi untuk tujuan ekonomi, pergaulan juga harus dibatasi agar anda bisa mengatur keuangan.pergaulan yang boros

Memiliki teman yang hanya membuat anda semakin boros tentu sangat merepotkan. Bukan pilih-pilih pergaulan, tapi yang seperti ini perlu dihindari.

Kita hidup harus memikirkan masa depan, kebiasaan boros pasti akan membuat anda menyesal saat uang yang dimiliki telah habis. Apa anda akan meminjam uang kepada orang lain? Saya harap jangan sampai terjadi.

 

11. Menekan Pengeluaran Pribadi

Kita tidak akan terlepas dari pemasukan dan pengeluaran keuangan. Ini hal yang lumrah, namun kadang pengeluaran jauh lebih banyak dibandingkan penghasilan yang diperoleh.Menekan Pengeluaran

Menjaga kondisi dompet untuk selalu utuh memang tidak mungkin dilakukan. Akan tetapi sebagai seorang yang bijak kita bisa mengolah keuangan tersebut dengan baik.

Sangat penting sekali untuk menekan pengeluaran menjadi tidak boros. Sebaiknya manfaatkan uang anda untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan. Hindari membeli sesuatu yang tidak perlu.

 

12. Mulai Investasi

Investasi yaitu menggunakan uang yang saat ini dimiliki untuk keperluan jangka panjang. Investasi sangat cocok untuk anda yang ingin menabung sekaligus mendapatkan penghasilan.’investasi

Ada banyak sekali investasi menguntungkan yang bisa anda coba. Apabila anda punya banyak modal, bukan tidak mungkin keuangan anda justru semakin berkembang.

Beberapa investasi yang populer saat ini diantaranya adalah investasi emas, saham, dan investasi online.

Rekomendasi:

 

Mengatur keuangan supaya tidak boros memang bagian yang harus kita pikirkan dari sekarang. Pasti kita semua ingin masa depan yang cerah dan terjamin.

Apalagi saat kepepet dan kita tidak memiliki uang, kita tentu perlu uang cadangan untuk menutupinya. Dengan menerapkan beberapa tips yang disebutkan di atas kita pasti bisa hidup hemat.

Related Posts

Add Comment