Coba 13 Usaha Ternak Ini Terbukti Paling Cepat Panen

Ingin membuka usaha ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan?., Dari sekian banyak ide bisnis yang menjanjikan, salah satunya yang layak dijadikan inspirasi ialah bisnis di bidang peternakan.

Peluang usaha ternak sampai saat ini menjadi yang paling cepat panen serta memiliki prospek yang begitu menjanjikan. Bahkan telah banyak peternak yang sukses dalam mengembangkan usaha budidaya hewan ternak ini.

Kita bisa melihat bukti perkembangan usaha ternak ini dengan melihat beberapa perubahan yang ada., Misal usaha yang dahulu belum ada namun sekarang sudah banyak diminati seperti ternak jangkrik, kroto, dan berbagai usaha budidaya unik lainnya.

Hal ini disebabkan karena kemajuan pola pikir masyarakat kita untuk menilai sebuah peluang. Jadi tidak heran bila sekarang semakin banyak saja usaha baru yang awalnya tidak ada menjadi semakin berkembang.

Nah apakah anda sedang mencari ide bisnis yang menguntungkan dalam waktu singkat? Jika demikian kenapa tidak mencoba membuka peternakan. Menjadi peternak adalah profesi yang tidak buruk, buktinya justru banyak sarjana yang malah memilih jadi peternak daripada jadi pekerja kantoran.

 

Peluang Usaha Ternak Paling Cepat Panen Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Bisa di bilang usaha ternak termasuk usaha yang mudah dan murah, dimana bisa ditekuni oleh siapapun tanpa tuntutan strata pendidikan. Ada beberapa jenis binatang ternak yang bisa dibudidayakan tapi tidak semua bisa memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha ternak paling cepat panen yang menguntungkan sehingga layak dicoba:

1. Ternak Burung Kicau

Burung kicau termasuk jenis unggas yang cepat panen dan mudah dikembangkan. Saat ini ternak burung kicau mempunyai prospek yang begitu menjanjikan, hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya peternak burung yang bisa menghasilkan banyak uang dan sukses.ternak burung kicau

Umumnya burung kicau dipelihara untuk dinikmati suaranya yang indah. Karena semakin banyaknya penghobi burung membuat kepopuleran burung kicau kian meroket.

Belakangan ini bisnis ternak burung kicau sedang naik daun dan banyak orang yang mulai belajar memeliharanya. Kemudian usaha ini menjadi salah satu usaha ternak yang cepat panen yang bisa sangat menguntungkan.

Nah bagi anda yang ingin mengembangkan usaha ternak burung kicau maka tidak usah ragu karena peluangnya sangat bagus. Selain para pecinta burung kicau,ternyata masyarakat umum pun banyak yang tertarik untuk memelihara burung kicau.

Baca: Ulasan Ternak Burung Kicau Jadi Usaha Paling Cepat Untung

2. Ternak Ikan Hias

Ikan hias adalah ikan yang mempunyai keindahan fisik yang menawan. Ikan ini cocok dipelihara di dalam akuarium sebagai penghias ruangan.

Ternak ikan hias memiliki peluang yang begitu menjanjikan. Sebagian ikan memiliki sifat mudah untuk hidup serta memiliki minat pasaran sangat tinggi.

Di samping itu, peternak ikan bisa memilih banyak jenis ikan yang akan dikembangbiakkan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum memulai usaha ternak ikan baik ikan hias ataupun ikan konsumsi.

Bisnis ikan hias, adalah bisnis yang tidak memerlukan tenaga ekstra dalam menjalankannya. Ikan hias yang memiliki keindahan dari bentuk ini selalu mampu menarik perhatian konsumen. Tak jarang para peminatnya berani memberikan harga tinggi. Berikut adalah beberapa hal penting dalam menjalani bisnis ternak ikan hias:

3. Ternak Ayam Bangkok

Setiap tahunnya, penjualan ayam selalu stabil dikarenakan permintaan konsumen yang sangat banyak. Itulah mengapa di zaman sekarang ini banyak orang yang melakukan ternak ayam dan ada banyak jenis ayam yang diternakkan oleh orang di Indonesia.

Salah satu binatang ternak yang memiliki peluang menjanjikan ialah budidaya ayam bangkok. Ayam bangkok atau yang biasa disebut ayam aduan menjadi begitu digemari, apalagi bagi mereka penggemar ayam laga.

Berbeda dengan unggas lainnya, harga ayam aduan bisa sangat menakjubkan disesuaikan dengan kualitas bertarung dari ayam. Keunikan dari ayam bangkok inilah yang membuat sebagian orang melirik peluang usaha ini.

4. Ternak Ayam Joper

Memang tidak bisa dipungkiri bila rasa ayam kampung jauh lebih nikmat dibandingkan ayam pedaging. Dari segi rasa maupun gizi yang terkandung pada daging ayam kampung sangat berkualitas. Maka dari itu tidak heran kalau segelintir orang lebih suka mengkonsumsi ayam kampung.ternak ayam joper

Ayam Joper merupakan ayam hasil perkawinan silang antara ayam bangkok pejantan dengan ras ayam petelur betina. Ayam joper mempunyai sebutan yang beragam pada sejumlah wilayah, yakni ayam koper, jawa super, ayam kampung super dan sebutan lainnya.

Budidaya ayam kampung mempunyai prospek yang menjanjikan serta menjadi peluang usaha ternak yang paling cepat panen. Selain itu permintaan dan harga ayam kampung selalu stabil. Jenis ayam kampung joper adalah terobosan terbaru budidaya ayam kampung dengan masa panen tercepat dibandingkan ayam biasa.

Saat ini sudah banyak sekali yang sudah sukses membudidayakan ayam joper. Bahkan sebagian dari mereka memulai usaha ini dengan modal yang relatif kecil. Untuk mengembangkan bisnis ini dapat dimulai dengan skala 100 ekor ayam., Ini adalah cara paling aman yang sering digunakan oleh peternak ayam joper pemula.

5. Ternak Jangkrik

Ngomong-ngomong mengenai prospek ternak jangkrik memang sangat menggiurkan dan patut dicoba. Siapa sih yang tak tahu jangkrik? Tentu semua orang juga tahu dengan hewan yang aktif di malam hari ini. Saat ini Jangkrik telah menjadi sebuah kebutuhan khusus bagi sebagian kalangan, misal para peternak burung, peternak ikan dan pihak lainnya.

Bahkan di sebagian daerah jangkrik dibuat sebagai olahan makanan khas yang layak dikonsumsi. Misal di daerah Gunung kidul, Yogyakarta dimana jangkrik dijadikan sebagai menu makanan yang begitu digemari oleh masyarakat.

Memang nutrisi yang terkandung pada jangkrik sangatlah banyak sehingga mempunyai gizi yang tinggi. Selain itu harga satu kilo jangkrik cukup mahal di pasaran, maka tidak salah kalau budidaya jangkrik begitu menguntungkan.

6. Ternak Kroto

Peluang budidaya Kroto menjadi peluang usaha ternak yang paling cepat panen dan begitu menguntungkan. Kroto yang biasa dikenal dengan semut rangrang memang memiliki sengatan cukup sakit, meskipun demikian ternyata bisa dibudidayakan.

Kroto merupakan hasil dari telur semut rangrang yang berbentuk lonjong dan biasa digunakan sebagai pakan ternak. Karena gizi yang terkandung pada kroto begitu tinggi, jadi sangat cocok sebagai makanan burung kicau maupun ikan hias.

Ternak semut ini termasuk bisnis budidaya yang unik dan masih jarang dikembangkan. Mengingat kebutuhan akan kroto semakin meningkat membuat peluang usaha ini begitu menguntungkan. Untuk memulainya tidak perlu keahlian khusus dan bisa dilakukan oleh siapapun asal ada kemauan.

7. Ternak Cacing Sutera

Cacing sutra yang mempunyai nama ilmiah Tubifek ini bisa dijadikan sebagai ide usaha ternak yang paling cepat panen. Pasalnya pertumbuhan cacing sutera sangat cepat dan mempunyai target pasar yang luas.

Jenis cacing ini termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan cacing lainnya. Saat ini masih sedikit yang membudidayakan cacing sutera, padahal bila dilihat dari peminatnya yang sangat tinggi.

Misalnya saja orang yang menekuni usaha ternak ikan, mereka selalu membutuhkan suplai cacing sutera setiap hari untuk pakan ikan. Kadang karena sedikitnya peternak cacing menyebabkan kelangkaan sehingga membuat harga cacing sutera melambung tinggi.

8. Ternak Belut

Belut adalah jenis ikan yang bentuknya hampir menyerupai ular. Meski demikian daging belut sangat enak dikonsumsi dan kaya akan protein. Selain itu harga belut sangat fantastis karena sangat jauh berbeda dengan jenis ikan lainnya.ternak belut

Belut bisa diolah sebagai menu makanan, kemudian bisa juga diolah menjadi cemilan. Di sebagian daerah belut justru menjadi makanan khas, bahkan dijual dalam bentuk kemasan berlabel. Maka dari itu peluang usaha ternak belut sangat potensial dan layak dicoba.

Apalagi saat ini ada berbagai inovasi dalam budidaya ternak belut sehingga menjadi lebih mudah dan cepat panen. Misalnya seperti teknologi budidaya belut menggunakan tong plastik yang tentu akan membuatnya lebih menghemat tempat. Dengan demikian ternak ini bisa dikembangkan di lahan sempit.

9. Ternak Lele

Jika kita bicara soal usaha ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan, maka ternak lele tidak boleh dilewatkan. Bila dibandingkan dengan ikan mas dan ikan nila, ternyata masa panen ikan lele jauh lebih cepat.

Tidak hanya itu, ikan lele termasuk jenis ikan yang cepat beradaptasi pada kondisi apapun. Jadi daya tahan ikan ini jauh lebih kuat dibandingkan jenis lainnya. Ternak lele dapat dijadikan sebagai ide usaha dengan modal minim, kemudian budidaya lele begitu muda dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Tidak bisa dipungkiri bila usaha budidaya ternak di Indonesia peluangnya begitu menjanjikan dibandingkan usaha lainnya. Apalagi sektor perikanan dan pertanian selalu mendapat sorotan lebih dari pemerintah sehingga sering mendapatkan bantuan dari pusat.

10. Ternak Bebek Petelur

Kita semua pasti menyadari bahwa dalam lima tahun terakhir ini harga telur selalu mengalami kenaikan. Mulai dari seribu rupiah dan sampai sekarang sudah hampir tiga ribu rupiah untuk setiap butir telur. Ini hanya untuk telur ayam negeri, berbeda dengan telur bebek yang harganya jauh lebih mahal dari itu.ternak bebek

Usaha ternak bebek petelur peluangnya cukup baik mengingat kebutuhan telur di negara kita yang masih kurang. Pada dasarnya kenaikan harga disebabkan karena kurangnya suplai dan akibat tingginya permintaan pasar.

Budidaya bebek memiliki dua fungsi, yaitu untuk diambil telurnya dan dimanfaatkan dagingnya. Nah jika anda ingin mengembangkan usaha ternak bebek maka anda bisa mengambil dua keuntungan sekaligus.

11. Ternak Entok

Entok atau yang biasa disebut dengan itik sudah dikembangkan oleh masyarakat indonesia sejak zaman dulu. Jika dibandingkan dengan peternak ayam dan bebek, entok masih jarang dibudidayakan dalam skala yang besar.

Tapi anda harus tahu, belakangan ini ternak entok sudah mulai dilirik oleh para investor untuk dikembangkan dalam jumlah yang besar. Umumnya entok atau itik dipelihara untuk diambil dagingnya.

Cita rasa daging entok mempunyai ciri khas dan sangat lezat. Rasanya hampir sama dengan daging bebek, maka tidak heran jika daging entok sering dijadikan sebagai alternatif pengganti bebek.

12. Ternak Burung Puyuh

Kemudian usaha ternak burung yang paling cepat dan bisa menghasilkan keuntungan cepat ialah ternak burung puyuh. Unggas kecil ini dipelihara untuk dimanfaatkan telurnya, tapi saat ini tidak hanya itu saja. Burung puyuh juga bisa diolah menjadi makanan yang sangat lezat dengan harga mahal.

Bahkan sebagian besar restoran ternama telah menghadirkan menu burung puyuh sebagai makanan berkelas mewah.

Puyuh adalah jenis burung konsumsi yang terbaik, selain itu kita dapat mengambil hasil telur dan daging burung puyuh. Rasanya prospek bisnis ini sangat menjanjikan dan cocok dikembangkan sebagai ide bisnis oleh siapapun.

Berbeda dengan ternak ayam dan bebek yang menuntut harus memiliki lahan yang luas. Ternak puyuh bisa dikembangkan di lahan sempit dan modalnya jauh lebih kecil.

13. Ternak Kelinci

Kita sudah membahas jenis ikan dan unggas yang cepat panen, selanjutnya kita akan membahas hewan mamalia. Kelinci adalah jenis hewan mamalia yang tingkat produktivitasnya sangat tinggi. Dalam waktu satu tahun kelinci bisa melahirkan sampai enam kali.ternak kelinci

Tidak hanya itu saja, jumlah anak yang dihasilkan kelinci tidak sedikit. Maka tidak heran jika budidaya kelinci bisa cepat berkembang pesat.

Dengan modal beberapa induk kelinci saja dapat menghasilkan ratusan anak kelinci dalam waktu singkat. Tercatat sudah banyak orang yang sukses mengembangkan bisnis ini, baik itu ternak kelinci pedaging ataupun kelinci hias.

Baca Juga:

 

Ketika mencari inspirasi bisnis di bidang peternakan tentu kita berharap bisa menemukan ide usaha ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan. Selain itu mudah dan bisa dikembangkan dengan modal yang murah. Beberapa ide usaha ternak di atas bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melakukan analisa terkait pilihan ternak yang paling menjanjikan di masa depan.

Related Posts

Add Comment