Coba 11 Bisnis Budidaya Unik ini Masih Jarang Dikembangkan

Destiku.Net Apakah anda sempat berpikir untuk mengembangkan usaha yang masih jarang tapi menguntungkan? Saat ini banyak bisnis budidaya unik yang semakin berkembang dan bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Secara umum bisnis budidaya unik merupakan sebuah peluang usaha di bidang peternakan yang pada awalnya jarang dilirik namun sekarang menjadi sangat menjanjikan. Contohnya saja mengembangkan bisnis kreatif yang awalnya belum ada hingga menjadi trend bisnis kekinian.

Ada berbagai macam budidaya yang cukup unik, baik itu yang bersifat usaha baru maupun hasil dari inovasi usaha yang sebelumnya sudah ada. Kemajuan pemikiran yang kreatif tentu berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Lalu apakah anda mau mencobanya?

 

Berikut ini 11 Bisnis Budidaya Unik ini Masih Jarang Dikembangkan dengan Keuntungan Berlipat

1. Budidaya Kroto

budidaya kroto

Sumber gambar kliping.co

Salah satu ide usaha unik yang saat ini berkembang adalah ternak kroto. Awalnya bisnis ini dianggap tidak memiliki prospek yang bagus, namun kenyataannya sekarang justru dijadikan ladang usaha.

Kroto adalah telur yang dihasilkan oleh semut rangrang yang memiliki banyak sekali manfaat. Kroto semakin di buru oleh mereka para pecinta burung dan pengusaha ikan hias untuk dijadikan pakan pokok burung dan ikan.

Akibat permintaan terhadap kroto semakin meningkat menyebabkan banyak orang mulai menekuni bidang usaha budidaya unik yang satu ini. Nah mungkin bagi kalian yang masih belum tahu menganggap kalau usaha kroto ini cukup aneh untuk dikembangkan.

2. Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrik

Sumber gambar infobisnismenarik.com

Kita semua pasti tahu dengan hewan yang selalu berisik ketika malam hari ini. Jangkrik merupakan hewan jenis serangga yang aktif berbunyi saat malam. Namun bagi para petani jangkrik dianggap sebagai hama yang merusak tanaman.

Tapi tahukah anda ternyata jangkrik mempunyai segudang manfaat?

Jangkrik bisa dijadikan sebagai olahan makanan, contohnya saja usaha olahan jangkrik yang berkembang di daerah Gunung Kidul bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah. Harga untuk per kilo olahan jangkrik bisa mencapai 90 ribu rupiah.

Selain itu jangkrik juga menjadi salah satu binatang yang paling dicari untuk kebutuhan pakan ternak. Misal untuk makanan burung dan makanan ikan hias.

Memulai usaha budidaya jangkrik adalah pilihan terbaik karena potensinya sangat menjanjikan. Selain itu modal usaha ini sangatlah kecil atau bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal.

3. Budidaya Tikus

budidaya tikus

Sumber gambar genengnews.com

Meskipun binatang ini kerap dianggap sebagai hama pengganggu tapi tetap saja tikus masih dibutuhkan oleh sebagian orang. Saat ini banyak tangan kreatif yang mengubah budidaya tikus menjadi begitu menguntungkan.

Tidak semua jenis tikus bisa dibudidayakan, tikus yang biasa dipelihara ialah jenis tikus putih atau mencit. Banyak yang bilang kalau tikus yang berwarna hitam berbahaya bila dipelihara karena bisa menyebarkan berbagai penyakit.

Berbagai kebutuhan tikus diantaranya adalah untuk bahan praktek mahasiswa, kemudian juga dicari untuk dijadikan pakan reptil peliharaan seperti ular.

Lalu ada pula beberapa orang yang suka dengan hewan yang mungil ini sehingga dijadikan sebagai binatang peliharaan di rumah.

Pada dasarnya banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan dari mengembangkan usaha budidaya tikus ini. Selain mudah dipelihara pertumbuhan tikus sangatlah cepat, jadi lebih cepat panen.

4. Budidaya Cacing

budidaya cacing

Sumber gambar sentrabudidaya.com

Peluang budidaya cacing telah dibuktikan oleh Bapak Joko Siswanto asal Magetan yang mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari ternak cacing. Bahkan beliau rela beralih profesi jadi pengusaha cacing yang pada awalnya adalah pembisnis koperasi simpan pinjam.

Akibat perkembangan tren pemasaran online membuat peningkatan produksi dan penghasilan budidaya hewan ini jadi begitu menguntungkan untuk dicoba.

Warga Desa Baleasri, Kecamatan Jogorogo, Magetan ini memulai usahanya sejak tujuh tahun yang lalu saat itu usaha ini hanya sebagai bisnis sambilan di tengah kesibukannya mengelola usaha koperasi.

Budidaya cacing ini tidak membutuhkan lahan yang luas hanya saja perlu ketekunan menjaga kelembaban tanah yang menjadi media utama cacing. Selain itu cacing sangat berguna untuk merawat lingkungan hidup. Di sebagian daerah cacing digunakan untuk merekrontuksi tanah yang telah tercemar.

5. Budidaya Lintah

Budidaya Lintah

Sumber gambar hardianimalscience.wordpress.com

Banyak orang yang menganggap Lintah sebagai hewan yang menjijikkan dan menggelikan. Akan tetapi hewan yang satu ini mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi orang yang membudidayakannya.

Budidaya lintah adalah bisnis budidaya unik yang masih jarang dikembangkan oleh masyarakat. Padahal saat ini prospek budidaya lintah bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Lintah dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk pengobatan dan terapi kesehatan, seperti:

  • Kelenjar getah bening.
  • Darah tinggi
  • Kolesterol.
  • Asam urat.
  • Stroke.
  • Kanker dan Tumor.
  • Diabetes mellitus kering / basah.
  • Migraine.
  • Sering pusing.
  • Rematik.
  • Pengapuran.
  • Gangguan seksual.
  • Sakit pinggang atau encok.
  • Jantung Koroner.
  • Dan masih banyak lagi.

6. Budidaya Lobster

budidaya lobster

Sumber gambar lobsterjakarta.com

Lobster merupakan satu dari berbagai olahan makanan yang begitu lezat dengan cita rasa yang tinggi. Sekarang tidak hanya lobster laut, peluang budidaya lobster air tawar pun sangat menggiurkan dan patut dicoba.

Di berbagai Restoran biasanya menu lobster dijual dengan harga yang tinggi, meskipun begitu peminat daging lobster tetap saja banyak. Tingginya harga ini membuktikan bahwa besarnya permintaan lobster bila dibandingkan dengan pasokan yang ada.

Budidaya lobster air tawar bisa anda jadikan pilihan ide bisnis untuk terjun di dunia wirausaha. Kemudian yang menarik, budidaya lobster air tawar bisa dilakukan di lahan yang sempit sehingga cocok sebagai bisnis rumahan.

7. Budidaya Tokek

budidaya tokek

Sumber gambar jitunews.com

Bila dilihat sekilas, tokek tidak jauh berbeda dan hampir menyerupai kadal, cicak dan bunglon. Belakangan ini hewan jenis reptil yang satu ini marak dijadikan sebagai binatang peliharaan oleh masyarakat.

Hewan ini termasuk reptil yang unik dengan warna yang bervariasi dengan bintik-bintik pada tubuhnya. Kita sering melihat hewan ini tinggal di pepohonan maupun di dinding rumah.

Bisnis budidaya tokek yang menjanjikan saat ini adalah tokek jenis Leopard Gecko, yaitu tokek berwarna. Permintaan jenis ini semakin meningkat karena banyak orang yang suka memeliharanya.

8. Budidaya Keong Mas

budidaya keong mas

Sumber gambar boombastis.com

Cara sukses budidaya keong mas sudah banyak dibuktikan oleh sebagian orang yang telah lama menekuni bidang usaha ini.

Keong mas atau keong sawah yang dahulu kerap dianggap sebagai hama perusak tanaman ternyata saat ini memiliki angka permintaan yang tinggi.

Karena rasanya yang enak bila dijadikan bahan olahan makanan, banyak restoran yang menjadikan keong mas sebagai menu andalan.

Akibat tingginya permintaan membuat usaha budidaya keong mas ini begitu menjanjikan untuk dicoba. Apalagi bagi anda yang tinggal di desa, jelas tidak sulit untuk mengembangkan usaha yang satu ini.

9. Budidaya Belut

budidaya belut dengan tong

Sumber gambar kebunsatwapiak.blogspot.com

Belut merupakan jenis ikan yang cukup unik, bila ikan biasanya berbentuk pipih maka tidak pula dengan ikan yang satu ini. Belut memiliki bentuk bulat dan panjang seperti ular serta sangat licin jika dipegang.

Sebenarnya budidaya belut sudah dilakukan oleh masyarakat sejak dulu, namun hanya saja media penangkarannya masih tradisional yaitu dengan cara budidaya belut di sawah maupun di kolam.

Saat ini telah hadir inovasi ternak belut dengan menggunakan tong plastik, hal ini membuat budidaya belut menjadi lebih mudah dan cepat panen. Sebagian peternak belut telah menerapkan media ini dan terbukti mendapat keuntungan.

Bagi anda yang sedang mencoba menemukan ide bisnis baru, maka tidak ada salahnya mencoba budidaya belut dengan tong plastik ini.

10. Budidaya Reptil

Budidaya ReptilTahukah anda ternyata budidaya reptil hias sangat menguntungkan? Sekarang ini ada berbagai jenis reptil yang populer dan mulai dikembangkan oleh para pengusaha hewan peliharaan.

Awalnya reptil dipandang sebagai binatang liar dan buas, tapi faktanya belakangan ini semakin disukai oleh masyarakat umum. Karena sebuah hobi yang tidak biasa sekarang komoditas reptil semakin meningkat dan banyak peminatnya.

Kalau sebelumnya kita telah mengulas peluang ternak tokek hias, nah ternyata ada beberapa jenis reptil yang bisa anda budidaya kan. Misalnya saja iguana, ular, bunglon, kadal dan reptil hias yang berasal dari luar negeri.

11. Budidaya Belatung

Budidaya BelatungBanyak orang yang tidak suka dan bahkan geli bila melihat hewan menggeliat ini, tapi ternyata belatung berguna untuk pengobatan medis seperti penyakit diabetes.

Bahkan sebagian ahli obat tradisional memanfaatkan belut sebagai alat terapi yang mujarab untuk mengobati berbagai penyakit.

Kemudian di sisi lain permintaan belatung juga meningkat karena fungsinya sebagai makanan burung dan ikan.
Dengan demikian prospek budidaya belatung memiliki potensi yang bagus untuk masa depan.

Baca juga:

 

Kenyataannya akibat sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia menyebabkan sebagian dari kita jadi pengangguran. Ini fakta, semakin sulit mencari kerja, dan tingkat persaingan yang begitu ketat.

Mencoba bisnis budidaya unik yang masih jarang dijalankan adalah solusi terbaik bagi kita. Dengan begitu kita bisa mengisi kekosongan sektor ekonomi sehingga mampu menyediakan lapangan pekerjaan baru. Beberapa daftar usaha di atas bisa dijadikan referensi bagi kita semua agar berani mencoba berbisnis.

Related Posts

About The Author

Add Comment