usaha pertanian yang menguntungkan

Jangan Salah, 10 Ide Usaha Pertanian ini Sangat Menguntungkan

Kita semua tentu tahu usaha pertanian adalah sebuah kegiatan guna menghasilkan produk pertanian atau yang biasa disebut hasil panen. Mayoritas pekerjaan masyarakat Indonesia adalah sebagai petani, tentu bila kita berbicara mengenai peluang usaha bidang pertanian sudah pasti sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Perkembangan usaha pertanian terus mengalami kemajuan yang pesat dengan pola pikir para petani yang semakin cerdas. Kalau dulu hasil panen yang kita didapatkan dari lahan yang luas tidak seberapa namun sekarang dengan lahan yang sedikit sudah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ini adalah bukti bahwa bidang usaha pertanian menjadi sangat menjanjikan untuk masa depan dan tentunya jangka panjang.

Tidak bisa dipungkiri bila teknologi pertanian semakin maju, contohnya saja seperti budidaya hidroponik, green house, dan cara bercocok tanam modern. Kemudian untuk sekarang ini terdapat banyak sekali jenis tanaman pertanian yang menguntungkan untuk dibudidayakan.

Jadi usaha pada pertanian tidak bisa diremehkan, banyak sekali para petani yang sukses dan mendapatkan uang banyak. Bahkan bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga ke jenjang pendidikan tertinggi.

 

Berikut Ide Usaha Pertanian yang Paling Menguntungkan Sehingga Jadi Penghasil Uang yang Banyak

Bisnis pertanian termasuk yang perputarannya paling cepat, mulai dari aspek modal, tanaman yang dibudidayakan hingga jangka waktu panen. Maka dari itu menjadi seorang petani perlu keahlian manajemen yang baik. Berikut ini contoh usaha pertanian yang sangat menjanjikan untuk dijalankan:

1. Usaha Pertanian Sayur

Budidaya sayuran adalah tanaman yang paling cepat panen dan hanya membutuhkan modal kecil. Mulai dari harga bibit dan obat untuk tanaman sayur terbilang paling irit dan ekonomis. Selain itu perawatan tanaman ini sangat mudah dan tidak mudah terserang penyakit.Usaha Pertanian Sayur

Beberapa tanaman sayur yang bisa dibudidayakan diantaranya ialah sawi, kol (kubis), brokoli, daun bawang, terong dan masih banyak lagi. Jenis tanaman ini sangat cocok ditanam di lahan yang subur dan bisa juga dibudidayakan di halaman rumah maupun menggunakan pot.

Sebagian petani yang ingin memperoleh keuntungan banyak justru membudidayakan sayuran dalam jumlah besar-besaran. Dengan begitu hasil panen yang di dapatkan bisa mencapai puluhan ton sayur. Memang jika ingin untung besar sebaiknya menanam dalam jumlah besar mengingat harga sayuran hanya berkisar 2 ribu – 5 ribu rupiah.

 

2. Usaha Pertanian Hidroponik

Usaha pertanian hidroponik adalah bukti kemajuan teknologi pertanian modern yang saat ini mulai berkembang di Indonesia. Budidaya hidroponik adalah solusi pemanfaatan lahan sempit untuk bercocok tanam. Tidak hanya itu, keuntungan pertanian hidroponik bisa mencapai keuntungan lebih besar ketimbang pertanian cara tradisional.usaha pertanian hidroponik

Meskipun prospeknya sangat bagus, pertanian hidroponik di negara kita masih terbilang sedikit karena mengingat modal usaha ini cukup besar. Padahal sebenarnya cara bercocok tanam hidroponik ini bisa menjadi alternatif keterbatasan lahan bagi masyarakat kita.

Selain itu keuntungan dari pertanian hidroponik dimana harga hasil panen jauh lebih tinggi. Biasanya target pemasarannya adalah masyarakat kalangan menengah ke atas. Misalnya saja hasil produksi bisa dijual ke super market, restoran mewah dan masih banyak lagi.

 

3. Usaha Pertanian Cabe

Baik cabe merah maupun cabe rawit memiliki prospek yang sangat bagus untuk dibudidayakan. Seperti yang kita ketahui bersama kalau harga cabe di pasar sangat mahal bahkan mencapai angka 50 ribu per kilo. Cabe adalah kebutuhan pokok bagi semua orang, jadi tidak heran sebanyak apapun stok cabe akan selalu kurang.usaha pertanian cabe

Tanaman cabe terbukti dapat menghasilkan keuntungan dan uang yang banyak. Apalagi ketika kelangkaan cabe sudah mulai terjadi, tentu harga jualnya akan semakin meroket dan para petani cabe akan kaya mendadak.

Tidak hanya itu saja, tanaman pedas bisa di budidayakan secara hidroponik dan juga bisa menggunakan polybag. Nah bagi anda yang sedang mencari rekomendasi usaha pertanian maka tidak ada salahnya mencoba menanam cabe.

 

4. Usaha Pertanian Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain cabe, salah satu hasil panen yang menjadi kebutuhan pokok bagi kita ialah bawang putih dan bawang merah. Tanaman jenis umbi ini belakangan ini cukup langka dan mengalami kenaikan sangat pesat.usaha pertanian bawang merah

Dari segi perawatan, kedua tanaman ini cukup simpel dan gampang. Selain itu hanya butuh waktu dua bulan di lahan sudah bisa dinikmati hasilnya, jadi tidak diragukan lagi peluang usaha budidaya bawang ini.

 

5. Usaha Pertanian Daun Bawang

Masih seputar bawang, salah satu tanaman yang memiliki prospek baik adalah daun bawang. Di berbagai daerah daun bawang mempunyai nama yang beragam, ada yang menyebutnya luncang, kucai, dan nama lain.

Keuntungan bertani daun bawang bila dibandingkan dengan tanaman bawang lainnya adalah dari segi berat atau bobot. Meski harganya tidak mahal seperti bawang merah, tapi bobot daun bawang jauh lebih berat.usaha pertanian daun bawang

Daun bawang mudah dibudidayakan dan perawatannya pun tidak begitu sulit. Bahkan sebagian petani menanam daun bawang sebagai usaha rumahan dengan menggunakan polybag.

 

6. Usaha Pertanian Budidaya Terong

Tanaman Terong termasuk tanaman yang memiliki jangka waktu panen paling lama dibandingkan tanaman sayur lainnya. Artinya tanaman ini bisa dipanen hingga berulang kali, bahkan melebihi umur dari cabe.Budidaya Terong

Terong kaya akan vitamin K dan mengandung beraneka macam serat yang menyehatkan tubuh. Bahkan bila kita sering mengkonsumsi terong akan terhindar dari kanker.

Tanaman yang satu ini memiliki batang yang kuat dan tahan lama, bahkan bisa berbuah hingga bertahun-tahun.

 

7. Usaha Pertanian Tomat

Kemudian ide usaha pertanian yang tidak boleh diremehkan keuntunggannya adalah budidaya tomat. Bagi anda yang tinggal di daerah dengan kondisi tanah yang basah dan gembur maka bisa mencoba menanam tomat.usaha pertanian tomat

Tanaman tomat juga termasuk yang cepat panen atau jangka pendek. Waktu panen tomat yaitu antara 2-3 bulan saja. Dimana waktu 20 hari di lahan persemaian dan selebihnya di lahan terbuka hingga waktu panen.

Bertani tomat adalah yang paling sering memberikan kejutan karena harganya sering sekali naik dengan pesat. Selain itu saat harga murah para petani bisa menjualnya kepada pabrik pembuatan saos.

 

8. Usaha Pertanian Rempah-rempah

Tentu kita semua tahu keadaan demografis negara kita tidak selalu memberikan kemudahan untuk menanam sayuran dan palawija. Terdapat beberapa daerah yang hanya cocok ditanami rempah-rempah dan tanaman perkebunan.usaha pertanian rempah

Bisnis pertanian rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temu lawak, ternyata memiliki potensi yang cukup baik. Meskipun tanaman jenis ini termasuk jangka panjang, tapi jika kita melihat harga jualnya yang tinggi pasti akan tergiur.

Sudah sejak zaman kolonial Belanda kita sudah menjadi penghasil rempah-rempah terbesar di Dunia. Maka dari itu usaha pertanian yang satu ini sudah terbukti menguntungkan.

 

9. Usaha Pertanian Tanaman Hias

Kalau kita berbicara usaha di bidang pertanian yang paling menguntungkan saat ini maka sebaiknya melihat prospek budidaya tanaman hias. Awalnya usaha yang satu ini tidak banyak peminatnya, namun seiring berjalannya waktu pertanian tanaman hias kian maju dan modern.budidaya tanaman hias

Perkembangan pangsa pasar yang semakin luas menyebabkan peluang budidaya ini layak anda coba. Tanaman hias termasuk tanaman hobi, jadi semakin banyak peminatnya maka akan semakin meluas di masa depan.

Contoh usaha pertanian tanaman hias yang kian ramai saat ini diantaranya bonsai, bunga hasil stek, bunga hiasan dan tanaman unik lainnya. Harga jual tanaman hias yang semakin unik dan indah akan semakin tinggi.

 

10. Budidaya Rumput Laut

Menanam sayur dan rempah-rempah rasanya tidak akan cocok di daerah pinggir pantai. Budidaya rumput laut bisa menjadi alternatif terbaik untuk usaha pertanian yang cukup menjanjikan. Prospek budidaya ini cukup menjanjikan karena pasokan rumput laut yang kurang memenuhi kebutuhan konsumen.budidaya rumput laut

Tanaman ini sangat cocok bagi anda yang memiliki lahan di pinggir pantai. Rumput laut mampu hidup dan berkembang pada daerah pinggir laut dengan suhu 20-30 derajat celcius. Kemudian kondisi arus laut yang akan digunakan untuk lahan budidaya perlu diperhatikan, yakni memiliki kecepatan arus 20-30 cm per detik.

Baca Juga:

 

Semua jenis usaha pertanian pasti memiliki peluang untuk menghasilkan uang yang banyak. Kalau kita bicara soal hasil panen tentu semua itu dipengaruhi oleh harga jualnya saat ini. Memang harga jual hasil pertanian cenderung tidak stabil, tapi ini bisa jadi bukti bahwa bisnis di bidang pertanian selalu memberikan kejutan yang menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *