cara budidaya ikan patin

Cara Budidaya Ikan Patin, Modal Kecil Menguntungkan

Di indonesia sudah banyak dijumpai budidaya ikan patin. Sebelum memulai budidaya ikan patin perlu menentukan jenis benih yang bagus. Karena ikan ini memang mempunyai nilai pasar yang cukup luas dengan harga yang lumayan tinggi.

Apakah anda tertarik ingin membudidayakan ikan patin? Ayo jangan ragu lagi, selain memiliki nilai jual yang tinggi ikan patin juga mudah dalam membudidayakan nya. Berikut ini ada beberapa cara dan tips dalam budidaya ikan patin yang bisa menghasilkan untung jutaan rupiah.

Mungkin awalnya untuk memulai bisnis ikan patin ini kalian merasa bingung, takut repot dan takut tidak berhasil atau apalah itu. Apalagi jika kalian baru akan memulai bisnis, tidak heran karena banyak sekali peternak pemula yang merasa takut untuk memulai.

Namun budidaya ikan patin tidak sesulit seperti apa yang anda bayangkan sebelumnya. Bahkan bisa saja budidaya ikan patin dengan menggunakan kolam tanah maupun kolam terpal.

 

Tips Budidaya Ikan Patin yang Menguntungkan Bagi Pemula

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan hal yang sangat penting ketika kita akan membudidayakan sesuatu termasuk ikan patin, karena jika kita memilih lokasi yang tidak tepat maka akan mengurangi angka keberhasilan kita dalam membangun usaha. Kita tahu bahwa ikan patin ini hidup di danau, sungai, rawa dan di daerah-daerah tropis. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal ketika memilih tempat budidaya ikan patin:

  • Hendaknya lokasi berada di tempat yang mendapatkan pencahayaan matahari dengan baik dan di tempat yang terbuka.
  • Pilih tempat budidaya ikan patin sesuai dengan tempat asalnya seperti di area tanah merah atau tanah lempung
  • Air yang digunakan dalam mengisi kolam budidaya ikan patin bersih, tidak keruh dan bebas dari limbah berbahaya.
  • Suhu air yang ideal adalah 26-28 derajat Celcius.
  • PH air dengan keasaman 6,5-7 (PH standar).
  • Anda juga bisa menggunakan keramba untuk budidaya ikan patin jika rumah anda berada di pinggir sungai atau danau dengan arus air yang tidak begitu deras dan relatif tenang.

 

2. Benih yang Berkualitas

Benih yang berkualitas menentukan keberhasilan dalam ternak ikan patin. Kami menganjurkan untuk membeli dan memakai benih dari peternak yang terpercaya. Pasalnya di samping lebih cepat besar, kualitas bibit tidak diragukan lagi.

  • Dalam memilih bibit ikan patin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:
  • Dapat bergerak lincah, sempurna, tidak terdapat luka, warna tubuh tampak mengkilat dan cerah.
  • Benih yang baik biasanya memiliki bentuk yang simetris, ukuran antara kepala dan tubuh seimbang.
  • Pilih ukuran bibit ikan yang sama besar karena dikhawatirkan jika ukuran dan usia yang berbeda akan menimbulkan permasalahan ikan jadi kanibal meskipun itu jarang terjadi.
  • Bibit yang Anda pakai harus berasal dari induk berbobot dengan kualitas yang baik.

 

3. Perawatan yang Tepat

Pastikan anda merawat ikan patin dengan baik untuk menghasilkan ikan yang berkualitas ketika masa panen datang, karena kualitas dan harga ikan patin dapat dipengaruhi oleh perawatan yang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan perawatan ikan patin, yaitu sebagai berikut:

  • Berikan air yang bersih pada kolam ikan patin agar terhindar dari berbagai penyakit bahkan kematian.
  • Upayakan air di kolam berasal dari sumber yang bersih. Apabila kolam terlalu asam anda bisa memberikan kapur supaya pH stabil.
  • Ada baiknya sebelum bibit dimasukkan ke dalam kolam, anda bisa melakukan pemupukan terlebih dahulu untuk memicu pertumbuhan pakan alami yang diperlukan oleh ikan.
  • Pemberian pakan yang bertahap pada pagi dan sore hari wajib dilakukan pada bibit yang baru dimasukkan dalam kolam dan pastikan jangan memberi makan pelet terlebih dulu.
  • Biarkan bibit memakan zooplangton yang telah tersedia di kolam.
  • Setelah itu baru bertahap bisa diberikan pakan pelet. Jumlah pemberian pakan pada ikan Patin berubah di setiap bulannya karena harus anda sesuaikan dengan situasi pertumbuhan ikan. Umumnya pakan yang bisa diberikan perhari ialah 3-5% dari berat badan ikan.

 

4. Tindakan Penanganan Hama dan Penyakit Ikan Patin

Dalam melaksanakan usaha apapun pasti kita memiliki tantangan begitupun dengan budidaya ikan patin ini. Salah satu tantangan dan masalah budidaya ikan patin ialah hama dan penyakit. Sebisa mungkin anda mencegah akses masuk hama dengan cara memasang lampu penerangan di dekat kolam. Pada umumnya tidak mau masuk pada area yang ada sinar lampunya.

Penyakit ikan patin secara umum bisa menimbulkan infeksi atau non-infeksi dan bisa menularkan kepada ikan yang lain. Dengan memberantas hama dan penyakit lewat penanganan yang tepat, maka ikan bakal tumbuh dengan baik dan kualitasnya pun jauh lebih baik.

Jika sudah ada ikan patin terserang penyakit, maka anda sebaiknya memisahkan ikan tersebut dari kolam agar tidak mencemari kondisi kesehatan yang lainnya.

 

5. Memahami Proses Panen yang Tepat

Dalam mengembangkan usaha budidaya pasti waktu panen menjadi yang di tunggu. Saat memanen ikan sebaiknya melakukan dengan proses yang tepat sehingga nantinya ikan memiliki kualitas yang bagus dan tidak cacat atau mengalami kerusakan saat dipanen.

Seperti yang kita tahu ternyata budidaya ikan patin termasuk yang paling cepat panen dan menguntungkan.

Usahakan melakukan penangkapan ikan lewat bagian hilir dan mulai bergerak ke bagian hulu. Sehingga saat ikan didorong dengan kere maka ikan patin bakal terpojok ke bagian hulu.

 

6. Pemasaran Ikan Patin

Setelah melewati masa panen, maka anda bisa segera melakukan pendistribusian ikan patin. Pastikan anda sudah mengetahui tempat yang cocok untuk menjual ikan patin agar anda tidak bingung dalam memasarkan ikan patin dalam jumlah yang banyak.

Di Indonesia sendiri ikan patin sangat digemari dalam bentuk segar untuk diolah menjadi berbagai menu makanan. Proses pemasaran ini juga sebaiknya cepat dilakukan karena ikan yang segar akan mengeluarkan kualitas terbaik dan tentu saja memiliki harga lebih mahal.

 

Rekomendasi:

 

Dalam bisnis pasti ada banyak masalah dan hambatan, selain itu tentu ada kelebihan maupun kekurangan. Itulah beberapa tips bisnis budidaya ikan patin yang menguntungkan dan layak untuk dicoba.

Namun semua dapat dilalui jika mau fokus dan konsentrasi dalam menekuni bidang usaha. Kembangkan bisnis secara bertahap dan selalu fokus pada intinya hingga nantinya bisnis Anda bisa berkembang pesat. Keuntungan dari budidaya ikan patin ini juga bisa sampai jutaan bahkan ratusan juta.

Demikianlah beberapa ulasan singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *