11 Cara Membuka Usaha Angkringan dengan Konsep Modern

Usaha Angkringan dengan Konsep Modern – Sebagian orang suka membuka Google Map untuk mencari angkringan terdekat di sekitar mereka. Ini menunjukkan bahwa sebagian orang lebih suka dan menjadikan warung angkringan sebagai pilihan utama untuk mencari makanan.

Usaha angkringan dengan konsep gaul saat ini menjadi bisnis yang begitu menguntungkan dan layak untuk dicoba.

Tentu saja bisnis jualan yang satu ini tidak asing bagi kita..

Angkringan merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut para pedagang makanan di pinggir jalan. Mereka biasanya berjualan menggunakan gerobak serta menyediakan tempat sederhana bagi pembelinya untuk menghabiskan makanan.

Warung angkringan menghadirkan nuansa yang sederhana serta menyediakan berbagai menu makanan yang lezat dan harganya murah. Ini adalah ciri khas yang membedakannya dari usaha jualan makanan lainnya.

Kebanyakan pedagang warung angkringan menghadirkan menu andalan seperti nasi kucing, bandrek, kopi dan aneka gorengan.

Sekarang ini usaha angkringan semakin populer dan banyak peminatnya sehingga ada yang dikenal dengan usaha angkringan gaul.

Ini adalah tempat makan sederhana yang sengaja dibuat untuk tempat nongkrong anak muda zaman sekarang. Nah bagi anda yang masih memikirkan ide usaha kenapa tidak mencoba membuka usaha angkringan karena potensinya begitu menjanjikan.

Tergiur untuk mencoba bisnis angkringan?

Begini cara membuka usaha angkringan dengan konsep modern yang menguntungkan sehingga jualan cepat laku dan laris.

1. Pilih Lokasi Jualan yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis di bidang pemasaran. Lokasi jualan harus strategis sehingga berpeluang mendapatkan banyak pembeli.

Ketika ingin bisnis angkringan maka sebaiknya memilih lokasi yang ramai seperti pasar, taman kota atau sekitar komplek yang padat penduduk.

Kemudian penduduk di lokasi berjualan memiliki minat yang baik untuk membeli jajanan angkringan.

Angkringan berbeda dengan restoran, jadi tujuan utamanya adalah memenuhi kebutuhan konsumen. Warung angkringan dijadikan pilihan karena segi harganya yang murah dan hemat.

Jadi pahami potensi konsumen !

Akan sangat merugikan jika anda membuka jualan di tempat-tempat yang tidak sesuai. Sebagai contoh, anda membuka usaha jualan di daerah komplek yang sepi, penduduknya tidak suka jajan atau nongkrong di angkringan.

Tentu minat pembelinya sangat lemah sekali.

Jadi intinya ketika memilih lokasi jualan harus memperhatikan kebutuhan konsumen supaya usaha jualan anda bisa sukses dan laris.

 

2. Membuat Daftar Menu Angkringan

Biasanya bisnis angkringan yang sukses dan laris yaitu memiliki menu andalan dengan ciri khas yang membuatnya berbeda dengan yang lainnya.

Karena semakin banyaknya pelaku bisnis ini yang kreatif dan inovatif membuat berbagai menu angkringan kekinian yang unik dan banyak disukai.

Umumnya makanan yang biasa dijual di warung angkringan diantaranya nasi kucing, sate, tempe goreng dan tahu. Kemudian untuk minuman yang biasa dijual ialah kopi, teh, susu, bandrek, dan lain-lain.

Daftar Menu AngkringanNah, cara membuka usaha angkringan agar sukses dan laris sebaiknya buat daftar menu yang lebih kreatif dan bervariasi. Menu makanan tidak biasa di anggap remeh, setiap penikmat makanan tentu akan mengutamakan rasa.

Banyak kasus jualan yang kebanjiran pembeli karena rasanya enak walaupun tempat serta lokasi jualannya sangat sederhana.

Menu makanan angkringan kekinian

Nasi kucing (sego kucing)
Nasi goreng
Soto babat dan soto betawi
Sate telur puyuh
Tempe bacem dan tahu bacem
Lontong sayur
Sate keong dan sate siput
Sate jeroan
Sate usus
Sosis solo
Mie tumis
Pisang bakar keju
Aneka gorengan

Sebenarnya ada banyak sekali menu makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk membuka warung angkringan. Beberapa menu di atas merupakan menu angkringan kekinian yang unik dan sangat populer.

Lidah orang indonesia sangat menyukai makanan yang rasanya enak dengan harga yang murah, Ini fakta. Hehe

Jadi anda bisa membuat berbagai kreasi menu makanan yang disukai konsumen dengan modal yang kecil.

 

3. Konsep Warung Angkringan

Umumnya pedagang angkringan hanya menggunakan sebuah gerobak dengan tambahan tenda sederhana.

Tapi saat ini konsep warung angkringan menjadi sesuatu yang begitu penting,,

Kebanyakan pembeli tertarik mengunjungi warung angkringan karena konsep atau desainnya yang menarik. Jadi semakin bagus konsep yang dibuat maka bisa meningkatkan minat konsumen.

Kadang ada beberapa tempat makan di pinggir jalan yang ramai pengunjung karena memiliki konsep yang bagus dan nyaman.

Tidak hanya itu saja, karena zaman semakin modern, sebagian orang lebih suka membuka jualan dengan menggunakan mobil atau yang biasa dikenal dengan food truck.

Konsep bisnis angkringan gaul belakangan ini menjadi begitu populer dan banyak peminatnya. Selain lebih efisien, food truck memiliki banyak keuntungan dan disukai banyak orang.

Memang dari segi modal konsep food truck jauh lebih besar, tapi ini akan sangat cocok untuk menarget konsumen kaum milenial yang suka nongkrong.

Kemudian anda juga bisa memberikan berbagai fasilitas tambahan, misalnya dengan memberikan akses jaringan internet gratis (Wi Fi). Dengan begitu jualan anda akan diserbu oleh banyak pembeli terutama para anak muda.

 

4. Angkringan Modern Unik

Kreativitas dan inovasi memang sangat dibutuhkan ketika membangun sebuah bisnis. Membuat warung angkringan modern unik dengan ciri khas tersendiri adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan banyak konsumen.

Umumnya warung angkringan hanya perlu menggunakan gerobak serta tempat berteduh seperti tenda terpal. Tapi dengan sedikit inovasi anda bisa memunculkan warung angkringan dengan konsep modern.

Saat ini yang perlu dipikirkan ialah “apa yang menjadi daya tarik pembeli selain rasa masakan”.

konsep angkringan gaulJadi dari sini orang-orang yang sukses mengembangkan bisnis kuliner adalah mereka yang kreatif dan inovatif membangun usahanya.

Menunjukkan ciri khas yang unik sehingga menjadi pembeda dengan yang lainnya.

Memang tidak mudah, tapi anda bisa mencontoh beberapa usaha yang berkembang di daerah lain yang belum ada di daerah anda. Misal angkringan dengan menu makanan daerah, cemilan khas, bahkan membuat ciri khas angkringan seperti pedagang kaki lima di luar negeri.

 

5. Modal Usaha Angkringan

Modal adalah salah satu yang harus disiapkan saat membuka usaha angkringan. Kalau bicara soal modal usaha tentu saja hasilnya sangat beragam.

Sebagian orang bisa membuka usaha dengan modal kecil dan sebagian lagi memerlukan suntikan dana yang cukup besar.

Membuka usaha angkringan sederhana modalnya pasti jauh lebih kecil, namun berbeda jika ingin membuka angkringan gaul dengan konsep modern.

Jadi bisnis ini memang membutuhkan modal yang besar di awal. !

Berjualan dengan gerobak? Atau dengan food truck? Serta tambahan biaya untuk membeli peralatan memasak dan alat-alat jualan.

Tapi jangan salah, ketika semua alat sudah terpenuhi, bisnis angkringan menjadi satu usaha yang biaya operasionalnya sangat kecil.

Hanya dengan modal 300 ribu sampai 500 ribu untuk keperluan membel bahan-bahan masakan dan anda sudah bisa berjualan.

 

6. Mulai Memperkenalkan Usaha

Usaha yang sukses adalah yang mempunyai popularitas bagus sehingga diketahui banyak orang. Ketika membangun bisnis jualan memang penting untuk melakukan sebuah promosi. Tujuan dari promosi yaitu supaya bisnis bisa dikenal banyak orang, dengan begitu peluang mendapatkan konsumen akan jauh lebih tinggi.

Sebenarnya ada berbagai cara promosi yang bisa dilakukan, mulai dari membuat iklan promosi lewat brosur hingga cara promosi online.

Dengan memanfaatkan fasilitas sosial media rasanya promosi produk kuliner menjadi begitu mudah. Khususnya untuk menjangkau orang-orang terdekat di lingkungan anda.

Beberapa sosial media yang sangat potensial untuk memperkenalkan usaha diantaranya yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Misalnya, memakai jasa influencer kuliner instagram pasti akan sangat menguntungkan untuk memperluas bisnis.

 

7. Memperhatikan Kualitas Pelayanan

Kunci kesuksesan membuka usaha angkringan ialah dengan cara menjaga hubungan baik dengan para konsumen. Jadi dengan begitu konsumen tidak hanya melakukan pembelian sekali saja, melainkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Pembeli akan sangat merasa senang bila kualitas pelayanan yang diberikan begitu memuaskan.

Tentu saja, sebagai seorang penjual anda harus bisa menarik hati konsumen supaya menjadi pelanggan setia.

Tujuan dari bisnis jualan ialah untuk mendapatkan keuntungan serta mendapatkan konsumen yang loyal.

Konsumen yang memiliki loyalitas tinggi akan menjadi pelanggan yang setia dan melakukan pembelian secara terus menerus.

Jadi untuk menjaga mereka supaya tetap loyal anda perlu menjaga komunikasi dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Ketika mereka semakin percaya dengan pelayanan yang diberikan bukan tidak mungkin mereka menjadi pelanggan tetap yang akan datang setiap hari.

 

8. Menjaga Kebersihan Tempat Jualan

Tempat berjualan tidak harus mewah, tapi yang paling penting ialah tempat harus bersih dan nyaman bagi semua pelanggan.

Kebersihan menjadi penilaian setiap orang yang ingin membeli makanan, ini fakta. Anggap saja anda adalah seorang pembeli, pasti anda tidak mau membeli makanan dari pedagang yang tidak memperhatikan kebersihan.

Menjaga Kebersihan Tempat JualanIntinya kebersihan merupakan poin penting untuk sukses mendapatkan banyak konsumen. Usahakan peralatan selalu terjaga dan jangan lupa membersihkan sisa-sisa makanan dari meja pembeli.

Kemudian jangan sampai konsumen anda memiliki persepsi yang buruk terhadap kebersihan pada bisnis angkringan anda. satu saja penilaian buruk terkait kerajinan bisa berdampak negatif dan mempengaruhi konsumen lainnya.

 

9. Membuat Laporan Keuangan

Bagi sebagian pedagang kaki lima sering mengabaikan pembuatan laporan keuangan. Pada dasarnya membuat laporan keuangan ini sangat penting dalam sebuah bisnis.

Tidak peduli bisnis kecil, pencatatan berguna untuk mengetahui dan menganalisa perkembangan usaha yang dikembangkan.

Misal, pendapatan hari ini tidak sama dengan hari sebelumnya, kemudian bisa diakumulasikan selama satu bulan.

Walaupun terlihat sepele, faktanya laporan keuangan bisa dimanfaatkan sebagai alat penilaian untuk menentukan langkah maju sebuah bisnis.

 

10. Melihat Persaingan

Saat mengembangkan sebuah usaha memang harus melihat dan mengamati tingkat persaingan yang ada. Dengan begitu anda bisa menemukan celah yang tepat untuk mengisi kekosongan sebuah bisnis yang penuh dengan persaingan.

Setiap usaha pasti memiliki pesaing (kompetitor), agar bisa bersaing di dalamnya anda harus lebih kreatif dan inovatif.

Usaha angkringan termasuk bisnis yang telah dikembangkan oleh banyak orang. Maka dari itu anda harus melihat peluang dan mencari cara supaya dapat mengalahkan para pesaing.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah membentuk pola persaingan yang sehat tanpa kecurangan..

Sebagai contoh, Biasanya warung angkringan menjual makanan yang bersifat umum, maka anda bisa sedikit berinovasi untuk menjual makanan yang unik dan berbeda dari para pesaing.

 

11. Membuka Cabang Lain

Tidak jarang dari bisnis yang memiliki reputasi baik di mata konsumen untuk memutuskan membuka cabang usaha baru. Jadi dengan begitu omset usaha angkringan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Selain itu, dengan membuka cabang lain anda bisa menambah lapangan pekerjaan bagi orang lain. Secara tidak langsung membantu mengurangi angka pengangguran yang ada.

Anggap saja anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 3-4 setiap bulan dari usaha angkringan. Terus bayangkan jika anda mengembangkan bisnis tersebut dengan membuka beberapa cabang lain. Pasti anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari cabang usaha yang dijalankan.

 

Keuntungan Bisnis Angkringan

Ketika anda ragu memilih sebuah ide bisnis, berikut keuntungan usaha angkringan yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan:

  • Bisnis angkringan tidak pernah sepi pembeli
  • Keuntungannya usaha ini cukup besar dan menjanjikan untuk dicoba
  • Modal usaha angkringan relatif kecil, terutama untuk biaya operasionalnya
  • Cocok untuk usaha sampingan

 

Baca Juga:

 

Bisnis di bidang kuliner memang tidak pernah sepi dan tidak ada matinya. Usaha angkringan gaul memiliki potensi yang menguntungkan untuk dicoba. Bisnis ini termasuk bisnis jangka panjang, kemudian cocok juga dijadikan sebagai usaha sampingan bagi anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment